Donasi untuk Nek Nuraini Abdya Terkumpul Rp20 Juta

Ketua KRB, Saharuddin menyerahkan akta tanah kepada nek Nuraini yang disaksikan oleh Kechik Mata Ie, anggota KRB dan Pemuda Kemukiman Kuta Tinggi. @acehtrend/Masrian Mizani.

ACEHTREND.COM, Blangpidie – LSM Koalisi Rakyat Bersatu (KRB) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) bersama pemuda Kemukiman Kuta Tinggi mempublikasikan hasil penggalangan dana untuk Nek Nuraini. Warga miskin asal Gampong Mata Ie, Blangpidie yang selama ini tinggal bersama anaknya M. Nasir karena tidak memiliki rumah dan tanah pribadi.

“Alhamdulillah penggalangan dana untuk Nek Nuraini kami nyatakan selesai. Dan selama penggalangan dana tersebut, kami berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp20.338.000,” kata Ketua KRB, Saharuddin, kepada aceHTrend, Jumat, 7 September 2019.

Sahar merincikan, jumlah itu mereka dapat dari donasi para dermawan, perusahaan, dan penggalangan dana terbuka yang dilakukan di lintasan jalan nasional. Uang itu mereka belanjakan untuk membeli sepetak tanah berukuran 5×15 meter seharga Rp16,875 juta dan biaya sertifikat Rp800 ribu.

“Selain itu, kita juga menyewa rumah untuk Nek Nuraini dengan harga Rp2 juta rupiah. Sedangkan untuk ADM pengurusan selama melakukan aksi sebesar Rp 663 ribu rupiah. Total semua pengeluaran Rp20.338 juta,” jelasnya.

Sahar menyebutkan, biaya ADM sebanyak Rp663 ribu rupiah tersebut mereka gunakan untuk membuka buku rekening peduli Nek Nuraini, cetak spanduk, pembelian token listrik, serta pembuatan dan perbanyak proposal bantuan.

“Selain membuat proposal, kita juga sudah mengajukan prososal tersebut secara khusus untuk semua anggota dewan Abdya, pihak perusahaan, BUMN, dan swasta. Akan tetapi, anggota dewan kita sampai hari belum ada yang menyerahkan bantuan untuk Nek Nuraini. Namun demikian kita juga memaklumi, mungkin anggota dewan kita belum bisa membantu atau belum ada rezeki,” sindir Sahar.

Awalnya sambung Sahar, penutupan aksi galang dana mereka rencanakan pada 5 September 2018. Namun KRB terkendala dalam pelunasan sisa pembayaran harga tanah.

“Alhamdulillah, hari ini baru bisa kita selesaikan, dan hari ini juga kita lansung menyerahkan akta jual beli tanah tersebut kepada Nek Nurani. Dengan demikian, tanah ini menjadi sah milik Nek Nurani. Kita juga berharap kepada pihak pemerintah dan Baitul Mal, kalau ke depan ini ada program bantuan rumah, mungkin pemerintah bisa mendirikan rumah untuk Nek Nuraini karena tanah tersebut sudah sah milik beliau,” katanya.

Sahar juga menyarankan, bantuan rumah yang sudah dibangun di Gampong Babah Lhung, agar diberikan untuk warga lain yang membutuhkan dan layak untuk dibantu.

“Dan pastinya kami dari pihak KRB dan pemuda Kemukiman Kuta Tinggi Peduli Nek Nurani sangat berterima kasih sebesar-besarnya kepada para dermawan yang telah berpartisipasi untuk membantu meringankan beban Nek Nuraini dan anaknya M. Nasir, semoga kelak Allah membalas kebaikan saudara-saudara semua,” ujar Sahar.[]

Editor : Ihan Nurdin