Nikmati Hari Minggu Anda dengan Kudapan Lugot Khas Aceh Selatan

Lugot @Yelli Sustarina/aceHTrend

ACEHTREND.COM. Aceh Selatan – Saat musim hujan perut memang sering keroncongan. Makanya banyak orang mencari makanan berlemak dan panas untuk menghangatkan badan. Tak terkecuali makanan yang biasanya diolah oleh warga kampung Air Sialang ini yaitu lugot.

Ada yang tahu apa itu lugot? Memang kedengaran aneh bagi kebanyakan orang dari daerah lain karena makanan ini hanya terdapat di daerah pantai barat selatan Aceh. Lugot merupakan makanan yang terbuat dari sagu dengan campuran santan kelapa atau parutan kelapa.

Adanya makanan ini tidak terlepas dari kebiasan masyarakat pada zaman dahulu dalam mengolah hasil alam untuk dijadikan makanan. Salah satunya batang sagu yang kemudian dibuat menjadi tepung sagu yang dapat diolah menjadi makanan lain.

Terutama saat musim hujan. Kuah santan yang panas dengan adonan sagu yang kenyal tentunya dapat menghangatkan tubuh saat musim hujan. Sudah kebiasaan masyarakat Air Sialang, Aceh Selatan sejak dulunya memasak sagu untuk makanan hangat di musim hujan.

Akan tetapi,dengan banyaknya batang sagu yang ditebang dan tidak ditanami lagi, tepung sagu pun sulit untuk di dapatkan. Kebiasaan membuat lugot pun sudah jarang di lakukan.

“Dulunya waktu aku masih kecil Alm. Nenek sering membuatkan kami lugot, apalagi saat musim hujan, lugot ini enak dimakan pada saat panas tapi resikonya cepat habis, jika tidak mau cepat habis makannya pelan – pelan, tapi resikonya cepat buat kamu eneg,” ujar Suci yang biasa membuat lugot bersama dengan temannya Silva.

Namun, tak harus menunggu musim hujan dulu agar bisa menikmati lugot. Di akhir pekan seperti ini, Anda bisa menghidangkan lugot sebagai kudapan yang sehat dan murah meriah, membuatnya juga sangat gampang.

Jika Anda ingin mencoba membuat lugot, bisa mencoba mengikuti resep ini.
Bahan :
• Tepung Sagu
• Air Secukupnya

Lincah Lugot :
• Santan
• Garam secukupnya
• Gula

Cara Membuat :
1. Siapkan wajan besi, lalu masukkan tepung sagu dan air sambil diaduk.
2. Aduk hingga mengental
3. Setelah matang, matikan kompor lalu dicubit kecil – kecil.
4. Supaya tidak lengket siram santan sedikit ke adonan yang telah matang supaya lebih mudah mencubitnya.
5. Tambahkan lincah supaya lebih enak dimakan.

Jika Anda tidak selera dengan kuah santan, anda boleh ganti dengan parutan kelapa yang sudah diberi gula dan garam, lalu lumuri ke adonan yang sudah dicubit tersebut. Selamat mencoba.[]

Editor : Ihan Nurdin