Liburan Antimainstream ke Pulau Mangki yang Mirip Pulau SpongeBob

Pulang Mangki dari boat robin yang ditumpangi Kemal dan teman-teman @Kemal Pasya/pribadi

ACEHTREND.COM, Tapaktuan ­– Siapa sih yang tidak mengenal serial animasi SpongeBob SquarePants, si kuning yang tinggal di rumah nanas Kota Bikini Bottom? Di setiap bagian serial film yang digandrungi anak-anak ini selalu menampilkan pulau kecil yang hanya ditumbuhi oleh tiga batang pohon kelapa. Di bawah pulau tersebutlah kota fiksi yang menjadi kediaman SpongeBob dan biota laut lainnya difilmkan.

Ternyata di Aceh Selatan terdapat pulau yang mirip dengan pulau dalam serial animasi Spengebob SquarePants. Namanya Pulau Mangki yang berada di kawasan Ujung Mangki, salah satu kampung di Kecamatan Bakongan. Pulau ini bersebelahan dengan Pulau Dua yang juga termasuk wilayah Bakongan.

Sama halnya dengan Pulau SpongeBob, di Pulau Mangki juga terdapat beberapa pohon kelapa yang tumbuh di atas hamparan pasir yang berada di tengah laut. Berjarak sekitar dua kilometer dari bibir Pantai Bakongan, pulau ini bisa dikunjungi dengan menyewa boat robin warga setempat.

Salah seorang traveler Aceh, Kemal Pasya, Pulau Mangki bisa ditempuh dalam waktu sekitar satu jam perjalanan laut dengan boat robin.

“Terpintas di pikiran saya, sepertinya pulau ini pernah saya lihat di film kartun, ya benar saja, pulau ini seperti pulaunya si Pattrick di film SpongeBob. Menurut kisah dari penduduk sekitar, pulau ini muncul setelah gempa dan tsunami pada tahun 2004 silam,” tulis Kemal di laman blog steemitnya.

Pulau Mangki @Kemal Pasya

Biaya sewa boat robin untuk menuju ke Pulau Mangki juga lumayan murah. Hanya sekitar Rp30.000 per orang, Anda bisa pergi ke pulau yang mirip di film animasi SpongeBob ini plus keliling Pulau Dua yang ada di sebelahnya. Satu boat robin memuat empat orang penumpang ditambah satu orang pengemudinya.

“Sayangnya dulu kami tidak bisa turun ke Pulau Mangki karena ombaknya yang besar. Selain itu kondisi cuaca juga sedang tidak kondusif, jadi hanya bisa menikmati keindahan pulau tersebut di atas boat robin,” ujar Kemal Pasya sambil memperlihatkan foto kenangannya pada 2016 lalu di atas boat robin kepada aceHTrend, Senin, 10 September 2018.

Selain itu, Agam Duta Wisata Aceh Selatan 2018, Munji Asshidiqi, melalui akun instagramnya (@munjiasshiddiqi) juga merekomendasikan kepada pengikutnya untuk mengunjungi Pulau Mangki. “Salah satu pulau tak berpenghuni ini bisa menjadi salah satu destinasi antimainstream untuk dikunjungi. Take a look!! Uncover SouthAceh,” tulis Munji Asshidiqi di akun instagram yang direpost dari akun @sutanhengki.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk mengunjungi Pulau Mangki yang mirip dengan pulau di serial animasi SpongeBob ini. Pastikan Anda bisa berenang terlebih dahulu karena tidak ada pelampung yang disediakan saat menaiki boat robin. Dan sediakan makanan secukupnya saat menuju tempat ini karena tidak ada orang yang berjualan makanan di pulau yang hanya ditumbuhi oleh pohon kelapa ini.[]

Editor : Ihan Nurdin