Seniman Reggae: Drugs Membunuh Inspirasi Berseni

ACEHTREND.COM,Bireuen- Faisal Syahruna (40) vokalis band reggae Jester yang sudah vakum sejak 2010, yang akrab disapa Albert, mengatakan drugs (narkoba) bukanlah solusi bagi pelaku dunia entertaiment. Karena kreatifitas berkarya justru akan rusak bila pelaku seni menggunakan narkoba.

Hal ini disampaikan oleh Albert, menjawab aceHTrend, Senin (10/9/2018). Menurut Albert, narkoba tidak akan mendongkrak kreativitas seniman.

“Kenyataannya semakin tenggelam dalam narkoba, akan mengakibatkan jawai (kehilangan kesadaran-red) lalu dari mana pula inspirasi akan lahir?” Kata Albert.

Sebenarnya pengaruh drugs itu disebabkan faktor lingkungan, Jika manusia berada di lingkungan pengguna narkoba, maka seseorang bakal juga terjangkit, dengan niatan awal ingin coba-coba.

“Dulu orang-orang mengatakan anak-anak band itu 100% terpengaruh narkotika. Dengan alasan mencari inspirasi. Asumsi itu tidalah benar sepenuhnya, karena bukan berkesenian yang menyebabkan seseorang tenggelam dalam dunia hitam itu. Banyak musisi berprestasi justru karena menjauhi narkoba,” tambahnya.

Lalu, bagaimana dengan Albert? Menurutnya, ia mencari inspirasi dengan memperbanyak wawasan, banyak mendengar karya musisi/seniman lain.

“Luangkan waktu dengan banyak duduk diskusi dengan orang lain. Nikmati kopi dengan teman-teman sambil membahas hal positif menyangkut seni. Nikmati keindahan alam pasti bakal menjernihkan pikiran kita yang kusut sehingga membuat kita lebih segar dalam berkarya,” katanya yang saat ini serius mengelola warung kopi Starblack, di ruas jalan depan lapangan tenis Kodim Bireuen.

Foto dikutip dari Facebook Albert Jester.