250 Akademisi dan Peneliti Dunia Berkumpul di Unsyiah

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Sebanyak 250 akademisi dan peneliti dunia dari Indonesia, Malaysia, Thailand, Rusia, Inggris, dan Arab Saudi mengikuti The 8th Annual International Conference Syiah Kuala University (AIC Unsyiah) di AAC Dayan Dawood Unsyiah pada 12-14 September 2018.

Konferensi internasional ini dalam rangka milad ke-57 Unsyiah dan membahas tentang ilmu pengetahuan, riset, inovasi, dan teknologi.

Rektor Unsyiah, Prof. Samsul Rizal, mengatakan konferensi ini mengumpulkan para akademisi, peneliti, dan praktisi untuk berdiskusi tentang isu terkini ilmu pengetahuan. Selain itu, juga memberikan rekomendasi dan kebijakan demi pengembangan ilmu pengetahuan yang berkelanjutan, terlebih di era revolusi digital.

Rektor berharap semua pihak yang hadir dalam acara ini dapat menerima manfaat serta mengaplikasikannya di negara masing-masing. Terlebih lagi, konferensi ini menawarkan berbagai topik menarik.

“Kita percaya bahwa pertemuan ini sangat penting demi kemajuan ilmu pengetahuan, sehingga dapat memberikan manfaat berkelanjutan bagi masyarakat,” ujarnya melalui siaran pers yang diterima aceHTrend, Rabu, (12/9/2018).

Ketua Panitia, Dr. Heru Fahlevi, mengatakan konferensi internasional ini merupakan agenda penting Unsyiah yang telah dilaksanakan sejak tahun 2011.

Ia juga menambahkan, konferensi ini telah menerima lebih dari 230 makalah dari berbagai bidang ilmu. Panitia juga melibatkan 100 peninjau dan 25 editor untuk memilih dan mengedit makalah. Tercatat sebanyak 163 makalah diterima oleh komite dan akan dipaparkan di konferensi dalam 32 sesi paralel.

“Semua makalah yang diterima memiliki kesempatan untuk dipublikasikan ke dalam IOP Materi Sains dan Teknik yang terindeks Scopus,” ujar Heru.

Hadir sebagai pembicara para akademisi dari Universitas Teknologi Malaysia, Universitas of Birmingham, University Malaysia Sarawak, University Malaya, Institut Pertanian Bogor, dan para akademisi Unsyiah. Kegiatan ini turut dimeriahkan dengan Syiah Kuala Innovation Expo 2018 yang menampilkan beragam inovasi karya Unsyiah.[]

Editor : Ihan Nurdin