Penganggur Didominasi Kalangan Muda dari SMK dan PT, Ini Sebabnya

ACEHTREND.COM, Semarang – Angka pengangguran di Jawa Tengah didominasi dari lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Sementara di Aceh didominasi dari alumni Perguruan Tinggi (PT).

Hal itu terungkap dalam pertemuan perwakilan Pemerintah Aceh dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Tengah di Semarang, Kamis (13/9/2018).

“Dari 800-an ribu jumlah penganggur di Jawa Tengah didominasi dari alumni SMK,” kata M. Suprianto, Kasi Lattas Disnakertrans Jawa Tengah.

Sementara Aswar dari Bappeda Aceh dalam paparannya menampilkan data angka pengangguran di Aceh mayoritas merupakan alumni PT.

Mengapa jumlah pengangguran didominasi kalangan muda dari SMK dan PT? Ini penyebabnya:

1. Pendidikan di SMK, apalagi PT, berbasis kurikulum pendidikan atau teori.

“Di SMK 80-85 persen adalah belajar teori, hanya 15-20 persen berupa praktik,” kata Suprianto.

2. Prasarana dan sarana jauh tertinggal dari kebutuhan riil di lapangan kerja.

“Contoh, siswa jurusan sepeda motor, untuk praktiknya anak-anak menggunakan Astrea Prima keluaran tahun 1989, sementara di lapangan sudah tidak ada lagi motor itu,” lanjut Suprianto.

Suprianto menawarkan agar di Balai Latihan Kerja (BLK) memperbanyak program pemagangan, baik di dalam maupun luar negeri.

Disebutkan, BLK Jawa Tengah memfokuskan program pelatihan bagi keluarga miskin dan menerapkan sistem jemput bola berdasarkan database yang ada.

Tim dari Pemerintah Aceh dipimpin Aswar Liam S Hut MAP (Bappeda). Ikut hadir Bukhari ST (Kepala UPTP BLKI Banda Aceh), Tarikat SE (Disnaker Aceh), Junaidi SH M Hum (Biro Hukum), Yunita SP, Cut Vivi, Arafah M Si, (Bappeda), Dr Ramzi Adriman (Unsyiah), dan Hasan Basri M Nur (UIN Ar-Raniry).[]