Siswa SMK Singkil Utara Kembangkan Ayam Broiler Beraroma Rempah

ACEHTREND.COM, Singkil– Semua orang pasti mengakui, bahwa ayam jenis broiler, baunya sangat khas dan menyengat.

Aroma tak sedap ini, bukan saja ditimbulkan dari  kotoran ayam tersebut. Melainkan juga, muncul dari makanan dan minuman yang dikonsumsinya.

Namun, lain halnya dengan ayam broiler yang diternak siswa-siswi di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri Singkil Utara, Aceh Singkil.

Di tempat peliharaan ayam broiler SMK Singkil Utara, berdasar tinjauan AceHTrend, Sabtu (15/9/2018) ayam dan kandangnya tak bau. Malah, terasa segar dan beraroma rempah-rempah.

Tidak baunya ayam broiler di peternakan SMKN Singkil Utara tersebut, menurut salah seorang gurunya Asril Syahputra kepada AceHTrend, karena ayam broiler di sekolah itu, diberikan makanan dan minuman hasil racikan siswa SMK-nya yang telah dibuat sedemikian rupa.

Untuk pakan, jelas Asril, diberi dedak dan jagung plus dicampur dengan konsentrat.

Sedang untuk minum, diberi jamu khusus. Jamu ini diracik oleh siswa-siswi SMK dengan menggunakan bahan alami. Ada jahe, kunyit, dan temulawak.

Bahan-bahan tadi, dihaluskan dengan cara ditumbuk. Kemudian diaduk dengan air. Lalu, difermentasi sebelum diberikan pada ayam broiler.

Minuman jamu ala SMK Singkil Utara, tambah Asril, mampu menghilangkan bau pada ayam broiler.

Bukan itu saja, jamu hasil  inovasi siswa juga mempertinggi nafsu makan ayam. Sehingga ayam cepat gemuk.

Di samping itu, ayam menjadi tahan terhadap penyakit. Dan kotoran ayam pun kering, tidak berbau.

“Nah, karena pakan dan jamu yang berasal dari rempah-rempah inilah yang membuat ayam broiler tidak bau. Kalau ayam broiler di tempat lain, aromanya menyengat. Tapi, kalau di tempat pemeliharaan SMKN 1 Singkil Utara  agak berkurang,” ungkap Asril.

Asril menambah, pakan dan jamu untuk ayam broiler itu, sudah teruji keampuhan. Cara pembuatan dan bahannya pun mudah.

“Jika memungkinkan, pakan dan jamu made in SMKN Singkil Utara itu, akan terus dikembangkan. Sebab, untuk Aceh Singkil bahkan Aceh, baru kita yang mengembangkan ayam broiler jenis organik ini,” pungkas Asril yang juga alumni Unsyiah Darussalam Banda Aceh itu.[]

Editor : Irwan Saputra