DBD Jangkiti Warga, Diskes Diminta Lakukan Fogging 

ACEHTREND.COM, SINGKIL – Dalam dua pekan terakhir ini, di Kabupaten Singkil, sejumlah warga mulai terjangkit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Kasus teranyar terjadi di dua desa, yaitu di Desa Gosong Telaga Selatan dan Gosong Telaga Utara Kecamatan Singkil Utara.

Menurut keterangan salah seorang warga Imran kepada AceHTrend Sabtu (15/9/2018),  anaknya Afifah (7 tahun) dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Aceh Singkil.

Setelah diperiksa dokter, ternyata anak bungsunya itu, positif terjangkit penyakit yang disebabkan nyamuk aedes aegypti.

Trombosit darah menurun sampai 45 Mcl. Sehingga  sempat berkeringat dingin dan lemas.

“Kami kira anak hanya demam biasa. Kami  merawatnya di rumah. Tapi, setelah kesehatan terus tak membaik, terpaksa kami bawa ke rumah sakit,” ungkap Imran

Setelah diperiksa, tambah Imran, dokter mengatakan anaknya terjangkit DBD. Lalu, diopname untuk mendapat perawatan intensif.

Sehari sebelumnya, kata Imran, ada juga pasien yang terkena DBD, yaitu warga Gosong Telaga Utara.  

Seorang perawat di RSUD Aceh Singkil,Yenni mengatakan, dalam tiga pekan ini, sepengetahuannya sudah empat orang yang dinyatakan terjangkit DBD dari Gosong Telaga.

Sedangkan dari desa lain, jumlah pasien terjangkit DBD, tak tahu pasti. ”Tapi ada beberapa orang,” ungkap Yenni.

Sementara itu, Irwan seorang guru di Gunung Meriah mengatakan, berdasarkan laporan wali siswa, anak mereka tak bisa hadir ke sekolah karena masuk rumah sakit dan terjangkit DBD.

Berkaitan dengan itu, Rizki seorang warga dan juga perawat di Singkil Utara meminta Pemkab Aceh Singkil, dalam hal ini Dinas Kesehatan, supaya dapat merespons cepat masalah DBD ini. Sebab, sudah ada beberapa warga yang terjangkit.

“Dinas Kesehatan segera melakukan fogging (pengasapan) di kawasan yang telah ada warganya terjangkit DBD, maupun kawasan yang berpotensi munculnya DBD,” pungkas Rizki.[]