Plt Gubernur Aceh Ajak Semua Pihak Tidak Abaikan Pandangan Lansia

Salah seorang lansia mengikuti senam saat memperingati hari HLUN 2018 di Banda Aceh (Foto: Humas Dinsos Aceh)

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Plt Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah MT mengajak seluruh pihak untuk menghotmati lanjut usia (lansia), karena perintah untuk hormat kepada orang tua adalah perintah Islam. Selain itu, dia juga mengajak untuk tidak mengabaikan peran serta pandangan lansia dalam setiap pengambilan kebijakan atau keputusan di daerah ini.

Hal itu disampaikan Nova saat memberikan kata sambutan di acara Hari Lanjut Usia Nasional (HULN) 2018 yang diselenggarakan oleh Dinas Sosial Aceh bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Aceh dengan tema “Lansia Sejahtera, Masyarakat Bahagia” yang digelar di area Banda Aceh Car Free Day, Minggu (16/9/2018), pagi.

“Mari kita ciptakan lingkungan yang ramah bagi Lansia. Jangan abaikan peran serta pandangan lansia dalam setiap pengambilan kebijakan atau keputusan di daerah ini,” katanya. Menurut Nova, lansia juga pernah berperan dalam membangun Aceh untuk itu hargailah.

Sementara itu, pemerintah akan tarus menyediakan lingkungan yang ramah untuk lansia sehingga kota ramah lansia juga merupakan bagian dari pembangunan manusia Indonesia.

Plt gubernur Aceh, Nova Iriansyah (Foto: Dinsos Aceh)

Dalam hidup, kata Nova, semua pasti akan melalalui fase kehidupan yang sudah diatur secara baik, sejak usia bayi hingga lansia yang merupakan batas akhir fase untuk berkarya, maka hormati mereka.

“Tujuannya, agar saat kita tua nanti juga dihormati oleh anak kita,” ajak Nova.

Nova Iriansyah mengingatkan tentang pentingya terus menyediakan fasilitas yang proporsional untuk mengakomodir lansia dalam bentuk fasilitas kota, umum, dan fasilitas sosial.

Lansia yang hadir di kegiatan tersebut berasal dari Puskesmas santun lansia di setiap kecamatan di Kota Banda Aceh dan Aceh Besar, Panti Jompo Rumoh Seujahtera Geunaseh Sayang milik Dinas Sosial Aceh, dan masyarakat umum.

Hadir dalam HLUN tersebut Asisten III Pemerintah Aceh, Kamaruddin Andalah, Kepala Dinas Sosial Aceh, Alhudri, Kepala Dinas Kesehatan Aceh, dr Hanif, Walikota Banda Aceh, Aminullah Usman, Wakil Walikota Banda Aceh, Zainal Arifin, dan Ketua DPR Kota Banda Aceh, Arif Fadhilah.[]