Usamah: Abu BUDI Berkontribusi Besar terhadap Perkembangan Dayah di Aceh

Taufik Ar-Rifai/aceHTrend

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Kepala Dinas Pendidikan Dayah Provinsi Aceh, Usamah El-Madny, pagi tadi menghadiri haul alamrhum Tgk. H. Ibrahim bin Ishaq alias Abu BUDI Lamno XXI di Kompleks Dayah Bahrul Ulum Diniyah Islamiyah (BUDI) di Gampong Jangeut, Kecamatan Jaya, Aceh Jaya, Minggu (16/09/2018).

Peringatan ini diawali dengan peletakan batu pertama pembangunan musala dayah. Haul ini turut dihadiri Ketua DPR Aceh Tgk. Muharuddin, Bupati Aceh Jaya T.B. Irfan, Wakil Bupati Aceh Barat H. Banta Puteh Syam, jajaran Polres Aceh Jaya, serta Forkopimda Aceh Jaya.

Dari kalangan ulama turut hadir Abu Mudi Samalanga, Waled Nuruzzahri alias Waled Nu, Abu Hasballah Keutapang, Waled Marhaban Bakongan, Ayah Cot Trueng, Abati Babah Buloh, Lem Faisal, Syeikh Rohimuddin Nawawi al-Bantany, dan Ketua MPU Aceh Jaya Abu Mustafa Sarong.

Kadis Pendidikan Dayah mewakili Plt Gubernur Aceh menyampaikan rasa syukurnya karena Pemerintah Aceh bisa hadir dalam haul Abu BUDI Lamno XXI.

“Rasa syukur dan bahagia karena bisa hadir di tengah-tengah para ulama, santri beserta alumni di dayah BUDI Mesja ini. Semoga momen ini semakin meneguhkan semangat kita dalam membangun Aceh yang lebih baik sebagaimana semangat Allahyarham Abu BUDI dalam membangun dayah ini,” kata Usamah El Madny.

Usamah mengatakan, momen ini juga dijadikan sebagai inspirasi yang terus tertanam dalam jiwa, sehingga nantinya akan menjadi kekuatan besar dalam mengabdi dan berdedikasi bagi agama, bangsa, dan negara.

Selama hidupnya, kata Usamah lagi, Allahyarham Abu BUDI telah berkontribusi besar terhadap perkembangan dayah-dayah di Aceh. Hal ini terlihat dari hasil karya dan jasa pengabdiannya sehingga melahirkan ribuan alumni dayah, baik tingkat Aceh, nasional bahkan di Asia.

“Semasa hidupnya, Abu BUDI tidak hanya fokus pada kualitas pendidikan, namun juga memperhatikan perkembangan ekonomi Dayah. Ini terbukti dengan berbagai macam program kewirausahaan, perkebunan, pertanian, peternakan, dan lainnya.”

Usamah berharap agar program tersebut terus dikembangkan, dengan harapan akan menopang perekonomian dayah di masa yang akan datang.

Di hadapan ribuan alumni dan santri Dayah Budi Lamno, Usamah juga menyampaikan apresiasi yang mendalam kepada pimpinan dan seluruh jajaran yayasan pendidikan Dayah BUDI Mesja, khususnya kepada almarhum Abu BUDI yang dengan semangat dan kerja keras serta penuh dedikasi. Pasalnya, dayah BUDI yang sudah berdiri sejak tahun 1963, telah banyak memberikan kontribusi tidak ternilai bagi pembangunan pendidikan Islam.

“Pemerintah Aceh sampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas peran dan dedikasi Allahyarham Abu BUDI atas kontribusinya terhadap pendidikan Islam serta pembangunan sosial kemasyarakatan lainnya. Harapan kita semua supaya Dayah BUDI Mesja dapat menghasilkan kader-kader sekaliber Abu Budi, yang tidak silau dengan tahta dan harta. Abu Budi, meski hidupnya sederhana namun sangat dihormati dan disegani oleh masyarakat,” ujarnya.[]

Editor : Ihan Nurdin