Tiga Kabupaten di Aceh Tertinggi Laporan Transaksi Keuangan Mencurigakan

Data dari PPATK

ACEHTREND.COM,Banda Aceh- Tiga kabupaten di Propinsi Aceh yaitu Banda Aceh, Lhokseumawe,dan Bireuen menjadi lokus tertinggi Laporan Transaksi Keuangan Mencurigakan (LKTM). Menurut data yang disampaikan oleh Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), dari total LKTM yang terjadi di seluruh Aceh, 40 % “disumbangkan” oleh salah satu dugaan tindak pidana asli yaitu narkoba.

Total jumlah transaksi yang terjadi di Kota Banda Aceh 1170 LKTM atau 49,6%, Lhokseumawe 268 LKTM atau 11,4% dan Bireuen 209 LKTM (8,9%).

Wakil Kepala PPATK Dr. Dian Edana Rae, dalam jumpa pers dengan sejumlah wartawan, Kamis (20/9/2018) di Sekretariat Aliansi Juranlis Independen (AJI) Banda Aceh, mengatakan bahwa tren LKTM yang terjadi di Aceh cenderung meningkat dari tahun ke tahun sejak 2010-Juni 2018.

Terkait dengan status Aceh yang mendapatkan Dana Otonomi KHusus (DOK), PPATK memberikan perhatian khusus. Pun demikian, Aceh masuk peringkat 15 dari 34 propinsi yang menjadi daerah lokus LKTM. Bermakna di propinsi yang menerapkan syariat Islam ini, LKTM berada di level menengah.

“PPATK menaruh perhatian khusus kepada daerah-daerah yang mendapatkan kucuran Dana Otonomi Khusus seperti Propinsi Aceh, Papua dan Papua Barat. Lembaga kami mengetahui seluruh transaksi keuangan , karena itu merupakan tugas yang diamanahkan oleh Undang-undang,” ujar Dian.