Pembangunan Shelter untuk Korban Gempa Lombok Perlu Dikebut

Sejumlah perempuan di ICS memasak bersama di dapur umum. @Ihan Nurdin/aceHTrend

ACEHTREND.COM, Mataram – Masyarakat korban bencana gempa lombok menyambut gembira kehadiran Integrated Community Shelter (ICS) yang dibangun Aksi Cepat Tanggap di Desa Gondang, Kecamatan Gangga, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

ICS diresmikan pada pada Minggu (18/09/2018), memiliki 224 unit shelter yang dihuni 224 keluarga pengungsi. Kompleks hunian terpadu ini dilengkapi juga dengan fasilitas umum seperti masjid, MCK umum, dapur umum, sekolah, taman bermain, sekretariat ICS, serta klinik kesehatan untuk para pengungsi.

Salah satu warga yang menempati hunian ini, yaitu Zainab. Perempuan yang berprofesi sebagai asiten rumah tangga ini menempati salah satu shelter bersama anaknya.

“Bahagia sudah ada shelter seperti ini, lebih nyaman, dulu kami tidur di tanah, kalau sekarang sudah nyaman,” ujar Zainab yang sebelumnya tinggal di Dusun Karang Pendagi ini.

Seminggu sekali kata dia, warga hunian mengambil paket logistik yang telah disediakan ACT di Humanity Store.

“Ambilnya pake kupon,” ujarnya lagi.

Aktivitas warga lainnya di Kompleks ICS. @Ihan Nurdin/aceHTrend

Koordinator Infrastruktur ACT, Dede Abddurahman, shelter atau hunian layak menjadi kebutuhan mendesak bagi korban gempa Lombok yang sudah tidak memiliki tempat tinggal. Apalagi kata Dede, saat ini akan memasuki musim penghujan. Seperti yang terjadi di Desa Midang, Gunung Sari, Lombok Barat, hujan lebat yang mengguyur wilayah itu membuat tenda jadi tergenang air.

Kondisi yang sama juga terjadi di Kompleks Al-Azhar NW Kayangan di Desa Sandik, Kecamatan Batulayar. Pihak sekolah terpaksa membongkar tenda yang sebelumnya digunakan sebagai ruang belajar darurat setelah diterpa angin dan digenangi air hujan.

“Kami berharap kepada donatur di seluruh Indonesia dan bagi masyarakat Aceh khususnya, agar tidak mengurangi simpatinya kepada para simpati. Sampai saat ini masih kekurangan shelter,” ujar Dede kepada wartawan di Kompleks ICS, Selasa sore (26/092018).

Selain ICS di Desa Gondang, ACT juga sedang membangun family shelter di Kecamatan Bayan, Lombok Utara.[]

KOMENTAR FACEBOOK