Arab Saudi Buka Layanan Visa di Pasar Aceh

ACEHTREND.COM,Banda Aceh- Pemerintah Kota Banda Aceh dan Pemerintah Arab Saudi melalui PT VFS Tasheel, bekerjama membuka Pusat Layanan Visa untuk Arab Saudi (Visa Services Center for Arab Saudi) di lantai III Pasar Aceh. Setelah pembukaan pusat layanan tersebut, segala sesuatu yang berhubungan dengan visa sudah bisa dilakukan di ibukota Propinsi Aceh.

Walikota Banda Aceh Aminullah Usman, Kamis (27/9/2018) saat memberikan sambutan pada acara pembukaan Pusat Layanan Visa untuk Arab Saudi, mengatakan tingginya animo masyarakat yang ingin melaksanakan haji dan umrah, merupakan potensi yang strategis bagi perusahaan PT VFS Tasheel untuk membuka kantor cabangnya di Kota Banda Aceh. Selain itu, Banda Aceh merupakan salah satu kota dari 10 kota di Indonesia yang akan dibuka counter yang akan melayani kebutuhan administrasi tersebut.

“Sebagaimana yang kita ketahui bersama, bagi masyarakat yang ingin melaksanakan ibadah haji dan umrah, proses administrasi seperti rekam biometrik dilakukan di Arab Saudi dan harus ngantri berjam-jam,” katanya.

Walikota melanjutkan, namun kini dengan hadirnya Pusat Layanan Visa untuk Arab Saudi, rekam biometrik dan pengambilan sidik jari jamaah haji dan umrah sudah bisa dilakukan di Kota Banda Aceh.

“Tentu hal tersebut akan memberi kemudahan serta keuntungan bagi warga Kota Banda Aceh dan Aceh yang ingin pergi ke Arab Saudi, apakah untuk melaksanakan ibadah haji, umrah atau kepentingan lainnya,” kata Aminullah.

Selain kemudahan bagi calon jamaah haji, umrah dan anggota masyarakat lainnya yang akan ke Arab Saudi, kehadiran PT. VFS Tasheel di Pasar Aceh, diharapkan mampu meningkatkan geliat perekonomian masyarakat dan akan meramaikan Pasar Aceh dan sekitarnya, sehingga kelesuan pedagang akibat sepinya pengunjung selama ini akan sedikit teratasi.

“Tak hanya itu, Kami juga berharap dengan peresmian ini, selain memberi manfaat langsung kepada pedagang Pasar Aceh. Juga akan memberi pengaruh positif pada peningkatan hunian, serta pendapatan hotel-hotel, restoran, warung-warung rumah makan dan minuman, serta pengusaha pengemudi taksi, becak dan angkutan kota lainnya,” imbuh Walikota.

Sarjono, perwakilan VFS Tasheel Indonesia dalam sambutannya mengatakan hadirnya perwakilan perusahaan itu di Aceh, untuk membantu warga Aceh yang ingin mengurus visa Arab Saudi. Selama ini jamaah haji reguler harus menyediakan waktu ekstra untuk mengurus visa.

“Kehadiran kami di sini untuk mempermudah jamaah haji asal Indonesia dan khususnya Aceh, bila sebelumnya mereka harus mengeluarkan banyak biaya dan waktu untuk mengurusnya ke luar Aceh, sekarang layanan itu kami dekatkan dengan Aceh,” ujarnya.