ACT Distribusikan Air Bersih untuk Warga Bawak Nao

Relawan ACT mendistribusikan air bersih bagi warga Bawak Nao Kecamatan Sembalun, Lombok Timur, NTB. @Ihan Nurdin/aceHTrend

ACEHTREND.COM, Mataram – Warga Dusun Bawak Nao, Desa Sajang, Kecamatan Sembalun, Lombok Timur mengantre untuk mendapatkan air bersih yang didistribusikan relawan Aksi Cepat Tanggap (ACT) di desa itu pada Rabu sore, (26/09/2018).

Amatan aceHTrend di lokasi, warga menaruh ember dan jeriken di sepanjang jalan menunggu jatah suplai air. Bahkan di antara mereka ada yang sudah meletakkan embernya di pinggir jalan sejak pagi.

Relawan ACT asal Bandung, Akeo, yang bertugas di Posko Sembalun mengatakan setiap harinya mereka mendistribusikan setidaknya hingga 10 trip air bersih ke desa tersebut. Setiap tangki berisi 5 ribu liter air bersih. 

Truk tangki tersebut khusus dibawa ACT dari Jakarta sekitar dua minggu. Sebelumnya, ACT menyewa mobil warga untuk mendistribusikan air bersih pascagempa.

Dua hari sekali kata Akeo, mereka datang untuk menyuplai air bersih bagi warga di Desa Bawak Nao.

“Kami bertugas dari jam sembilan pagi sampai jam sembilan malam,” kata Akeo. 

Ember dan jeriken milik warga yang mengular di pinggir jalan lintas antarkabupaten di Desa Bawak Nao, Sembalun, NTB. @Ihan Nurdin/aceHTrend

Salah satu warga, Juli (45), kepada aceHTrend mengatakan, gempa yang terjadi dua bulan lalu mengakibatkan instalasi air di desa mereka rusak. 

Karena itu mereka sangat bersyukur ada lembaga yang turut memerhatikan persoalan ini. Bahkan kata Juli, antrean hingga 2 kilometer.

Relawan ACT Posko Kecamatan Bayan, Mulia, mengatakan meski sudah dua bulan berlalu, instalasi air yang rusak belum bisa diperbaiki karena akses yang sulit.

Menuju ke lokasi bisa membutuhkan waktu hingga empat jam ditambah harus menempuh perjalanan kaki. Belum lagi jalur yang ditempuh juga sangat sulit karena wilayah ini berada di dataran tinggi.[]