ACT Aceh Ajak Masyarakat Terus Himpun Donasi untuk Lombok

Tim medis ACT melakukan home visit di Desa Sesait Kecamatan Kayangan, Lombok Utara. @Ihan Nurdin/aceHTrend

ACEHTREND.COM, Mataram – Kepala Cabang Aksi Cepat Tanggap (ACT) Aceh, Husaini Ismail, mengatakan pihaknya akan terus menggalang dan menghimpun donasi untuk mendukung pembangunan di Lombok dalam masa recovery.

Dalam tahapan ini ACT menaruh konsentrasi untuk pembangunan hunian sementara (shelter), fasilitas pendidikan, dan masjid sebagai tempat ibadah dan mengaji.

“Sebagaimana kita ketahui, setelah dua bulan gempa Lombok banyak lembaga yang sudah menyelesaikan programnya dan keluar dari Lombok. Di sisi lain kita melihat banyak sekali masyarakat yang masih membutuhkan support dari seluruh masyarakat Indonesia,” ujar Husaini Ismail, melalui Marketing Communication ACT Aceh, Rahmat Aulia, Kamis (27/09/2018).

Sebagai lembaga kemanusian, pihaknya berkomitmen membantu korban gempa lombok baik selama masa tanggap darurat hingga selama masa recovery. Sejak awal gempa, Aceh telah ikut menggalang donasi untuk membantu memenuhi kebutuhan dalam masa tanggap darurat seperti dukungan dapur umum, suplai obat-obatan, hingga kebutuhan lainnya.

“Yang sangat dibutuhkan selama masa recovery ini ialah pembangunan shelter agar mereka bisa pindah dari tenda ke shelter yang sederhana, bangunan sekolah, masjid, sarana MCK, dan distribusi kebutuhan makanan,” katanya.

Untuk rumah sementara, ACT mengupayakan agar warga mendapatkan shelter bongkar pasang yang bisa dirakit hanya dalam waktu tiga jam setiap unitnya.

“Untuk itu kami mengajak masyarakat Aceh atau instansi yang sudah menggalang dana, ACT siap bekerja sama untuk mempercepat proses penyaluran di Lombok. Bila ada pemerintah kabupaten di Aceh yang sedang menggalang dana, ACT juga siap bekerja sama untuk penyaluran pembangunan,” katanya.[]