AYEF Ajak Generasi Milenial Peduli Lingkungan

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Komunitas Aceh Youth Environmental Forum (AYEF) mengajak generasi milineal peduli lingkungan dengan cara melakukan sosialisasi menjaga lingkungan kepada anak sekolah. Kegiatan ini dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri Model Banda Aceh pada Selasa (25/9/2018).

Dengan mengangkat tema Menjaga Lingkungan Ala Generasi Millenial, puluhan siswa MAN Model Kota Banda Aceh antusias mengikuti kegiatan ini.

Maman Abdullah, ketua AYEF melalui rilisnya kepada aceHTrend mengatakan, kegiatan ini merupakan pilot project sekaligus opening dari rangkaian kegiatan Ayef tahun ini. Kegiatan ini nantinya akan diisi dengan perkenalan AYEF dan juga penyampaian kondisi lingkungan terkini kepada para anak SMA di Banda Aceh dan Aceh Besar. Harapannya, agar kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan mulai tumbuh sejak remaja.

Melalui kegiatan ini, diharapkan para pemuda akan berani dan mampu mengambil langkah aksi dan ikut berkampanye mengenai pengurangan penggunaan sampah plastik, beli yang baik, konservasi lingkungan dan tentunya mengenal tentang renewable energy. Harapan lainnya tentu agar pemuda bisa menjadi pelopor utama dalam menjaga lingkungan. Karena pemuda begitu dekat dengan media sosial, maka kesempatan tersebut menjadi peluang besar yang AYEF ambil untuk berkampanye seputar lingkungan.

“Kegiatan AYEF GOES TO SCHOOL ini merupakan rangkaian kegiatan yang bertujuan untuk memperkenalkan AYEF dan kampanye peduli lingkungan kepada para pemuda. Kegiatan ini nantinya diikuti oleh beberapa sekolah di Banda Aceh dan Aceh Besar dan akan diisi dengan beragam event perlombaan yang bertemakan lingkungan seperti foto instagram, videogram, dan pastinya lomba menulis blog” ujar Maman Abdullah.

“Sebagai bagian dari anak muda milenial, saya berharap bahwa besarnya penggunaan media sosial, dapat menjadi peluang untuk kita lebih giat berkampanye tentang lingkungan. Karena penggunaan media sosial sangat masif, maka kita ajak para pengguna media sosial tersebut, yang notabene para anak muda, untuk sama-sama menyebarkan isu pentingnya menjaga lingkungan.”

Lebih lanjut Maman menambahkan, kegiatan ini akan dijadikan kegiatan rutin AYEF terhitung sejak September hingga Desember 2018. Rangkaian kegiatan ini akan diakhiri dengan program fieldtrip ke salah satu lokasi renewable energy geothermal di Ie Suum, Kecamatan Mesjid Raya, Aceh Besar. Penutupan tersebut akan diisi dengan pengenalan lokasi panas bumi serta pembagian hadiah perlombaan yang diadakan AYEF dalam tahun ini.

AYEF merupakan komunitas pemuda binaan World Wildlife Fund for Nature (WWF) yang dibentuk di Aceh pada Oktober 2017.[]

Editor : Ihan Nurdin