BPJS Lhokseumawe Gandeng Tukang Becak Sosialisasikan JKN-KIS

Mulyadi Pasee/aceHTrend

ACEHTREND.COM, Lhokseumawe – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan mengajak tukang becak di Lhokseumawe agar berpartisipasi dalam mengajak warga untuk mendaftar sebagai peserta JKN-KIS.

Hal ini dilakukan dengan cara memberikan mantel penutup becak kepada 50 tukang becak yang ada di Lhokseumawe di Kantor BPJS Kesehatan setempat, Kamis (27/9/2019).

Kepala Bidang Perluasan Peserta dan Kepatuhan BPJS Cabang Lhokseumawe, Faisal Bukit, mengatakan untuk pekerjaan di lapangan saat ini pihaknya meminta bantuan pada tukang becak.

“Karena mereka sehari-hari keliling kota, pasti banyak masyarakat yang bisa membaca imbauan terkait kepatuhan pembayaran iuran, channel pembayaran, dan aplikasi mobile JKN yang kita buat dalam bentuk mantel tersebut,” ujarnya.

Selain itu, dari BPJS Kesehatan meminta para tukang becak untuk membantu menjadi corong penyebar informasi terkait sistem pelayanan kesehatan dalam program JKN.

Salah seorang tukang becak, Darwin, menyetujui program yang dilaksanakan oleh BPJS Kesehatan, bahkan program tersebut sudah dia jalankan sejak lima tahun.

Menurut Darwin, hingga saat ini masih banyak masyarakat Lhokseumawe tidak tahu prosedur pembiayaan pelayanan kesehatan yang dijamin oleh BPJS Kesehatan, seperti syarat pendaftaran, sistem rujukan berjenjang, dan hak serta kewajiban mereka sebagai peserta JKN.

“Dengan adanya informasi dan imbauan ini, paling tidak kita bisa memberitahu keluarga tentang pelayanan BPJS Kesehatan dan penumpang nantinya dapat menyerap informasi yang tertera ditutup mantel becak,” ujarnya.[]

Editor : Ihan Nurdin