Gempa Bumi dan Gelombang Tsunami Hantam Palu

Seorang anak melintas di depan rumah yang roboh akibat gempa di Donggala, Sulawesi Tengah, Jumat, 28 September 2018. Gempa berkekuatan 7,7 skala Richter (SR) mengguncang Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, pada pukul 17.02. ANTARA/HO/BNPB-Sutopo Purwo N

ACEHTREND.COM,Palu- Ibukota Propinsi Sulawesi Tengah, Palu, diguncang gempa bumi berkekuatan 5,9 SR dan Kota Donggala juga digoyang gempa yang lebih kuat yaitu 7,7 SR, yang kemudian disusul dengan hantaman gelombang tsunami.

Informasi yang berhasil dihimpun aceHTrend dari berbagai sumber, musibah gempa bumi tersebut terjadi pada Jumat (28/9/2018), yang kemudian diikuti dengan peringatan potensi tsunami oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Informasi yang disampaikan oleh BMKG melalui twitter resmi mereka, gempa itu terjadi pukul 17.02 WIB. Titik gempa di 0.18 LS dan 119.85 BT dengan kedalaman 10 kilometer.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, membenarkan telah terjadi gelombang tsunami yang menerjang Palu dan Donggala.

Belum ada keterangan lebih lanjut terkait pukul berapa tsunami ini terjadi, juga berapa tinggi gelombang tsunami ini. Tsunami ini menerjang Pantai Talise, Palu.

“Dampaknya juga belum bisa diketahui, karena komunikasi putus semuanya,” kata Sutopo.

Sebelumnya, Donggala diguncang gempa 7,7 SR. Palu juga diguncang gempa 5,9 SR. Akibat dari guncangan gempa tersebut, jaringan komunikasi di wilayah Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah dan sekitarnya terputus akibat gempa Donggala berkekuatan 7,7 skala Richter (SR), Jumat, 28 September 2018. Sambungan telepon tidak bisa berfungsi dengan baik di Kabupaten Donggala.

General Manager External Corporate Communication Telkomsel, Denny Abidin melalui siaran menyampaikan, bencana alam gempa bumi yang berpusat di Kabupaten Donggala mengakibatkan gangguan terputusnya pasokan listrik PLN di wilayah setempat.

Sehingga dari kejadian bencana alam ini, kata Denny, berdampak pada menurunnya kualitas layanan telekomunikasi Telkomsel khususnya di Kabupaten Donggala, Kota Palu dan Kabupaten Parigi Moutong.

Sumber: detikcom, Antara,informasi mandiri.