Ini Beberapa Bab RPJM Aceh yang Sudah Dibahas Pansus DPRA

Ketua Tim Pansus RPJMA, Dahlan Jamaluddin

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Tim Panitia Khusus (Pansus) DPRA menggelar rapat pembahasan lampiran Bab IV draft Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Aceh tahun 2017-2022 bersama Bappeda dan SKPA di ruang rapat Badan Legislasi (Banleg) DPRA, Kamis (27/9/2018).

“Semua dokumen yang sudah disusun oleh Pemerintah Aceh harus kita uji dan dielaborasi apakah benar demikian itu yang menjadi persoalan-persoalan yang hari ini dihadapi oleh Aceh,” kata Ketua Tim Pansus RPJMA, Dahlan Jamaluddin, kepada wartawan saat jeda istirahat.

Menurutnya, selain mebahas Bab IV, tim penyusun ini juga melakukan perbaikan pada Bab II dan III RPJM Aceh seiring berjalannya pembahasan, bagaimana isu-isu strategis ini bisa menjadi landasan untuk proses perencanaan pembangunan Aceh ke depan.

“Kita bisa lihat secara makro baik tantangan dalam konteks global, regional, nasional dan juga permasalahan konkret yang kita hadapi, baik dari angka kemiskinan dan pengangguran yang masih tinggi, terutama infrastruktur dan juga indeks pembangunan sumber daya manusia kita, baik di pendidikan maupun kesehatan. Nah ini juga akan ada banyak diskusi dari bahan yang akan kita elaborasi bersama,” kata Dahlan.

Ia mengatakan, dari draf pembahasan tersebut masih banyak yang perlu diuji kembali, bagaimanapun ini proses teknokratik yang dilakukan pada dokumen ini, dan juga melakukan uji lagi pada beberapa bab lainnya. Selanjutnya akan diuji lagi dalam rapat dengar pendapat umum (RDPU), dengan semua stakeholder termasuk dengan masyarakat.

“Sehingga dokumen RPJM yang kita susun, betul-betul bisa menjadi dokumen yang mendekati sempurna, untuk pedoman perencanaan pembangunan Aceh ke depan,” jelasnya.

Pihaknya menargetkan bulan Oktober sudah selesai, dan awal atau di akhir bulan akan dibuat RDPU, untuk diuji baik dari hasil proses teknokratik yang disusun oleh Bapeda dan juga hasil pembahasan di DPRA.

“Selama ini, di tim pansus RPJM juga sudah menyicil, untuk mendapatkan masukan dari banyak pihak seperti para tokoh di Aceh dan di luar Aceh,” katanya.

Ia menjelaskan, bab RPJMA yang sudah dibahas di antaranya Bab I dan Bab II tentang data dasar di semua sektor, Bab III tentang gambaran umum keuangan Aceh dan Bab IV terkait permasalahan dan isu strategis untuk pembangunan Aceh lima tahun ke depan.

“Saya kira sisa pembahasan bab sampai delapan bab sudah tidak banyak lagi, karena yang paling penting dan lama dibahas pada Bab II, terkait dengan situasi objektif pada semua situasi pembangunan Aceh sudah kita selesaikan kemarin (Rabu),” ujarnya.

Amatan aceHTrend, hadir dalam rapat tersebut yaitu dari tim RPJM Pemerintah Aceh yang dipimpin oleh Bappeda dan tenaga yang di-SK-kan sebagai tim dan beberapa dinas teknis terkait.[]

Editor : Ihan Nurdin