Kadisdik Dayah: Baca Kitab Kuning Harus Menjadi Kebiasaan Rakyat Aceh

Penutupan Musabaqah Qiratul Kutub di Aceh Jaya. (Foto: Dok.Badan Dayah)

ACEHTREND.COM – Banda Aceh – Kepala Dinas Pendidikan Dayah Provinsi Aceh Usamah El-Madny mengajak kepada seluruh elemen agar terus menyukseskan budaya membaca kitab kuning di Aceh.
Hal ini disampaikan Usamah El Madny pada acara penutupan Mushabaqah Qiratul Kutub di taman Tsunami di Calang, Aceh Jaya, Kamis (27/9/2018) malam.

“Kita semua sangat menghargai Kehadiran MQK ( Musabaqah Qiratul Kutub) ini, acara ini sangat tepat untuk mengingatkan kita bahwa kajian kitab kuning adalah ruh yang harus terus diberdayakan,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh, Usamah El Madny.

Usamah menjelaskan, selama ini banyak terjadi penurunan tradisi akademik tafaqquh fiddin ditandai makin menurunnya minat masyarakat luas untuk mengkaji kitab kuning. Menurutnya, hal ini akan berdampak secara langsung terhadap makin berkurangnya ulama-ulama yang menguasai literatur keislaman khas tersebut.

Usamah menambahkan, perlombaan MQK sangat penting untuk memberi semangat kepada para santri agar lebih giat lagi memperdalam belajar kitab-kitab karangan para ulama terdahulu. Kegiatan ini juga akan menjadi aset sangat berharga untuk para Santri Dayah.

“Musabaqah ini tidak hanya mencari juara, tetapi yang terpenting harus menjadi penyebaran nilai-nilai keislaman,” Usamah El Madny.

Selanjutnya, Usamah juga menyampaikan ucapan selamat kepada para pemenang lomba dan berharap untuk tidak berpuas diri dan terus belajar untuk meningkatkan ilmu yang dimiliki.

Adapun cabang yang diperlombakan diantaranya kitab kuning, kitab tauhid, kitab akhlak, tafsir dan hadist.
“Saya ucapkan selamat bagi para pemenang, juga untuk peserta yang belum berhasil menjadi juara, jangan bersedih karena ini adalah kesuksesan yang tertunda,” ujar Usamah El Madny.

Ketua Panitia Acara yang juga Sekretaris Dinas Pendidikan Dayah Aceh Jaya Iskandar Emha menyampaikan bahwa Ruhnya pendidikan di Dayah adalah adanya belajar Kitab Kuning atau kitab gundul. Sangatlah tepat dinas Pendidikan Dayah Provinsi Aceh menfasilitasi penyelenggaraan perlombaan Kitab Kuning bagi santri Dayah di Aceh Jaya dalam rangka mencari kader yg potensial untuk siap tampil dalam lomba membaca kitab kuning di tingkat provinsi dan tingkat nasional.
Acara yang berlangsung di Taman Tsunami Calang Aceh Jaya ini dimulai dari tanggal 24-27 September 2018.

Hadir dalam acara penutupan MQK di antaranya Sekda Aceh Jaya, Mustafa Ibrahim, Wakil Ketua DPRK Aceh Jaya, anggota MPU Aceh Jaya, sejumlah kepala SKPK Aceh Jaya, Dandim Aceh Jaya, Kapolres Aceh Jaya.