Sulaiman Abda: Menutup Aurat Bukan Budaya, Tapi Perintah Allah

Sulaiman Abda (tengah) ketika memberikan sambutan pada kunjungan silaturahmi mahasiswa Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Sabtu (29/9/2018) (Taufik Ar-Rifai/aceHTrend)

ACEHTREND.COM, Banda Aceh- Wakil Ketua DPRA, Drs. Sulaiman Abda, M.Si, mengatakan bahwa menutup aurat bukanlah budaya, tapi perintah Allah. Untuk itu semua orang yang mengaku beriman, wajib menutup tubuhnya dengan pakaian yang pantas.

Hal itu disampaikan oleh Sulaiman Abda, kala menerima rombongan mahasiswa Universitas Syiah Kuala, Sabtu (29/9/2018) di Rumoh Aceh, Tibang, yang berada di komplek Green House, aceHTrend.

“Menutup aurat bukan pilihan, tapi sesuatu yang harus dilakukan oleh umat Islam, khususnya di Aceh yang menerapkan Syariat Islam. Perlu dicatat bahwa perintah menutup aurat bukanlah hasil kreasi budaya, tapi perintah Allah,” ujar Sulaiman Abda.

Saat ini, tambah politikus Golkar itu, masih ada beberapa daerah di Aceh yang masih menghadapi tantangan dalam menerapkan kewajiban menutup aurat. Masih mudah dijumpai perempuan yang tidak memakai jilbab, celana ketat, baju lengan pendek. Demikian juga laki-laki yang memakai celana pendek, sangat mudah dijumpai.

Sulaiman memberikan pembanding, dia mengatakan, walau tanpa menerapkan hukum syariat Islam, warga di kota-kota besar seperti Jakarta, justru saat ini sedang berbondong-bondong menggemari pakaian islami, hal ini berbeda dengan di Aceh, masih ada yang tetap mencari celah untuk bisa membuka aurat di area publik. []