Korban Gempa Dibolehkan Ambil Barang di Minimarket, Pemerintah Akan Membayar

Sejumlah pasien mendapat perawatan di depan Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Undata, Palu, Sulawesi Tengah, Sabtu (29/9/2019). (Foto: ANTARA/KUMPARAN)

ACEHTREND.COM, Palu-Bagi warga korban gempa dan tsunami di Palu dan sekitarnya di Sulawesi Tengah, diberikan izin untuk mengambil barang-barang di minimarket, pemerintah menjadi pihak yang akan membayar semua tagihan itu.

Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Tjahjo Kumolo, ketika berkunjung ke Palu, Minggu (30/9/2018) mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Alfamart dan Indomaret. Keputusan itu diambil karena para korban gempa dan warga sekitar kesulitan mendapatkan makanan, seusai dihayak gempa dan tsunami.

“Kita sudah perintahkan untuk Alfamart dan Indomaret itu sudah bisa diambil barang barangnya,” kata Mendagri Tjahjo Kumolo.

Hal senada juga disampaikan oleh Menko Polhukam Wiranto di lokasi yang sama. Keputusan ini diambil setelah terjadi penjarahan di berbagai lokasi setelah gempa mengguncang pada Jumat (28/9).

“Ada satu kebijakan yang boleh ambil, dibayar oleh pemerintah. Jadi seperti itu mendapatkan air minum dan sebagainya,” ujar Wiranto.

Sumber: DetikCom