Kunjungi Pasien Kanker, Ini Harapan Darwati Selaku Ketua YKI Aceh

Darwati A Gani bersama anak-anak dengan thalasemia. @istimewa

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Ketua Yayasan Kanker Indonesia untuk Aceh, Darwati A Gani, sore tadi mengunjungi penyintas kanker dewasa, termasuk kanker payudara, dan thalasemia di Rumah Sakit Umum Zainal Abidin, Senin (1/10/2018).

Di Ruang Thursina 2, Darwati menyapa dan berbincang-bincang dengan pasien. Kepada pasien Darwati berpesan agar tetap antusias dan tidak berputus asa dalam menghadapi kondisi tersebut.

“Tetap semangat ya, terus berikhtiar dan berdoa kepada Allah,” ujar Darwati kepada penyintas kanker payudara asal Aceh Tamiang.

Darwati juga meminta keluarga pendamping untuk terus memberi dukungan moril agar penyintas kanker tetap semangat menjalani kemoterapi yang sedang berjalan sampai tuntas.

“Karena dukungan moril merupakan salah satu faktor penyembuh juga bagi penyintas,” kata Ketua Darah Untuk Aceh, Nuu Husien, yang ikut mendampingi Darwati A Gani.

Dalam kunjungan itu Darwati A Gani ikut memberikan santunan bagi setiap pasien kanker.

Darwati menyampaikan, menurut data dari RSUZA selama tahun 2017 pasien penderita kanker payudara yang melakukan rawat jalan dilaporkan sebanyak 3.069 kunjungan, rawat inap sebanyak 221 orang dan yang meninggal dunia 14 orang.

Sementara tahun 2018 hingga Juli, dilaporkan jumlah pasien penderita kanker payudara yang menjalani rawat jalan sebanyak 1.848 kunjungan. “Yang menjalani rawat inap sebanyak 84 orang dan pasien meninggal ada 6 orang,” kata Darwati A Gani.

Darwati berharap agar semua keluarga khususnya perempuan mau memeriksa sedari dini. “Soalnya, dari hasil pemeriksaan di rumah sakit, lebih dari 50% pasien datang dalam keadaan stadium lanjut sehingga tidak bisa survive,” pungkas perempuan murah senyum ini.[]