Diterjang Banjir, Kecamatan Kuta Baharu Lumpuh Total

*Badan Jalan Mendesak Ditinggikan.

ACEHTREND.COM, Singkil-Akibat hujan deras dan terjangan banjir, mulai kemarin hingga hari ini, Selasa (2/10), jalan lintas Kecamatan Kuta Baharu menuju Gunung Meriah, Aceh Singkil, lumpuh total.

Kendaraan baik roda dua dan empat tak bisa lewat. Dampaknya, masyarakat kecamatan tersebut terisolir.Aktivitas warga pun tergangu. Sebab kedua jalur menuju Ibu Kota Singkil, baik lintas Singkohor maupun lintas Perkebunan PT Nafasindo tak bisa dilewati.

Demikian dilaporkan salah seorang warga Kuta Baharu, Wanhar Lingga kepada AceHTrend Selasa (2/10/2018).

“Sampai sekarang air tak kunjung surut. Malah, semakin deras, seperti sungai. Kendaraan tak bisa lewat. Anak-anak yang ingin berangkat ke sekolah mengurungkan niatnya. Karena jalan dan sekolah mereka tergenang air,” tutur Wanhar.

Sementara itu, ruas jalan provinsi di depan Lembaga Pemasyarakatan Aceh Singkil atau depan kantor Camat Singkil Utara yang kemarin tergenang, belum juga menunjukkan tanda-tanda surut.

Camat Singkil Utara, Amril SH kepada AceHTrend mengatakan, setiap musim hujan, banjir di jalan dan kawasan perkantoran mereka, sudah menjadi langganan setiap tahun. Telah terjadi berulang-ulang.

Karena itu, pihaknya mengusulkan pada Pemerintah Aceh, supaya badan jalan sepanjang 900 meter di kawasan perkantoran camat, lembaga pemasyarakatan dan Desa Ketapang Indah ditinggikan.

“Solusi terbaik, adalah peninggian badan jalan di kawasan yang digenangi air agar aktivitas masyarakat tetap bisa berjalan kendati curah hujan tinggi,” ungkap Amril.

Amril menambahkan, kemudian di lokasi SMAN 1 Singkil Utara perlu segera dibangun parit keliling yang ujungnya diteruskan ke sungai.[]