Jaringan Telekomunikasi dan Internet Mulai Pulih di Palu dan Donggala

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau lokasi gempa di Palu, Sulawesi Tengah, Minggu (30/9/2018) (Kominfo)

ACEHTREND.COM,Jakarta- Jaringan telekomunikasi di Donggala dan Palu mulai pulih setelah gempa dan tsunami melanda area tersebut pada Jumat (28/9/2018). Setelah jaringan telepon dan SMS, layanan internet pun berangsur mulai dapat digunakan.

“Saat ini layanan komunikasi SMS dan suara sudah normal, sedangkan layanan data 4G juga sudah berangsur pulih di beberapa wilayah seperti di Poso, Donggala, Luwuk, Toli-Toli, Buol, Pasangkayu dan Tondo di Kota Palu,” kata GM External Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin dalam siaran pers, Minggu (30/9/2018).

Telkomsel juga membuka posko untuk pencarian keluarga yang hilang, dapur umum serta memberikan fasilitas telepon dan SMS gratis di posko GraPARI Palu. Selain itu Telkomsel juga memfasitasi para pelanggannya untuk berdonasi bagi korban gempa Donggala melalui UMB *800*01#, aplikasi TCASH, maupun QR Code.

“Dalam waktu yang cepat Telkomsel telah mengerahkan tim Siaga Bencana TERRA (Telkomsel Emergency Response & Recovery Activity) untuk pendirian posko darurat serta percepatan pemulihan layanan jaringan telekomunikasi,” kata Denny.

Telkomsel merupakan operator yang memiliki cakupan terluas di Sulawei Tengah. Saat ini, Telkomsel terus berupaya untuk memulihkan jaringan di wilayah-wilayah yang terkena bencana. “Untuk itu, tim kami bergerak cepat dalam waktu kurang dari 24 jam memobilisasi genset untuk catuan daya serta memasang mobile BTS,” kata Denny.

Sembari menunggu jaringan telekomunikasi kembali pulih 100%, Telkom Group menyebarkan sejumlah titik wifi gratis gratis di Palu dan sekitarnya. Tujuannya adalah agar para korban bisa terhubung dan berkomunikasi dengan keluarga dan kerabat.

Di antara area yang memiliki internet Wi-Fi gratis dari Telkom adalah: Palu, Donggala, Ampana, Banggai, Luwuk, Marisa, Parigi, dan Poso. Nama service set identifier (SSID) untuk Wi-Fi ini adalah ‘TelkomPeduli’.

“Telkom juga telah mengaktifkan akses free Wi-Fi di area kantor Telkom Donggala yang diperuntukkan bagi masyarakat yang ingin menggunakan layanan internet,” kata Vice President Corporate Communication Telkom Arif Prabowo.

Sebelumnya, sebanyak 431 dari 3007 BTS di Sulawesi Tengah atau 14,33% tidak berfungsi karena terhentinya pasokan listrik akibat gempa dan tsunami. Selain itu ada beberapa link jaringan telekomunikasi dari Palu ke Santigi, ke Mamuju dan ke Poso terputus akibat gempabumi.

Untuk mempermudah koordinasi penanganan bencana di Donggala dan sekitarnya, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menugaskan Badan Aksebilitas Telekomunikasi dan Informatika (BAKTI) untuk mengirimkan 30 unit telepon satelit ke daerah terdampak.

Sumber: Katadata