33 Gampong di Abdya Belum Mengajukan Pencairan APBG Tahap II

ACEHTREND.COM, Blangpidie – Sebanyak 33 gampong di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) hingga kini belum mengajukan usulan pencairan Anggaran Pendapatan Belanja Gampong (APBG), hal ini disebabkan belum rampungnya dokumen pertanggung jawaban pencairan APBG tahap I tahun 2018 dan tahap II tahun 2017.

Pasalnya, selain belum mengajukan usulan pencairan, ada faktor-faktor lain di masing-masing gampong yang menjadi penyebab lambannya Pencairan anggaran tersebut.

Hal itu diungkapkan Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pengendalian Penduduk dan Pemberdayaan Perempuan (DPMP4) Abdya, Yusan Sulaidi kepada aceHTrend, Selasa (2/10/2018) di ruang kerjanya.

“Dari 152 gampong di Abdya, 33 gampong lainnya belum mengajukan dokumen pencairan anggaran desa, dikarenakan ada beberapa faktor, di antaranya faktor pergantian sekretaris desa karena habis masa jabatan, dan ada juga faktor ketidak harmonisannya antar aparatur gampong,” ungkap Yusan.

Yusan menambahkan, jika pengajuan pencairan anggaran desa tidak diajukan dalam waktu dekat, dirinya khawatir pencairan anggaran tahap III juga mengalami keterlambatan.

“Harapan kita semua persoalan yang ada di gampong bisa diselesaikan dengan segera, agar proses pencairan tahap II ke 33 gampong bisa dilakukan pencariannya dalam minggu pertama bulan Oktober sebelum habisnya masa anggaran tahun 2018,” ujarnya.

Selain itu Yusan menjelaskan, bagi semua gampong di Kabupaten tersebut juga belum mengajukan dokumen pencairan anggaran desa tahap III. Jadi, kata Yusan, jika pengajuan tersebut tidak dilakukan dalam waktu dekat, maka akan mengakibatkan pinalti di kemudian harinya.

“Diharapkan kepada seluruh gampong di Abdya agar bisa melengkapi dokumen pencairan tahap III selambat-lambatnya awal Desember tahun ini, agar ke depannya tidak terjadinya pinalti,” pesan Yusan.

Poto: Plt. Kadis DPMP4 (aceHTrend/Masrian Mizani).