ACT akan Kirimkan Kapal Kemanusiaan ke Sulteng

Kapal Kemanusiaan ACT.@ist

ACEHTREND.COM, Jakarta – Lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) siap melayarkan Kapal Kemanusiaan ke Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.

President ACT, Ahyuddin, mengatakan pengiriman Kapal Kemanusiaan ini merupakan bentuk respons cepat lembaga itu untuk memasok logistik bagi korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah.

“Dalam waktu dekat kita akan layarkan Kapal Kemanusiaan untuk membawa kebutuhan logistik, terutama makanan dan minuman. Kapal Kemanusiaan ini akan mengangkut seribu ton beras dan 500 ton logistik dasar untuk para pengungsi. Menyusul juga akan dikirimkan dari daerah cabang-cabang ACT lainnya,” ujar Ahyuddin melalui keterangan tertulis yang diterima aceHTrend, Selasa (2/10/2018).

Ahyudin mengatakan, bencana di Palu dan Donggala dampaknya sangat masif. Krisis sudah dimulai dari langkanya logistik makanan dan minuman untuk puluhan ribu pengungsi. Bahkan krisis juga terjadi di daerah lain, seperti Parigi Moutong dan Sigi.

Sementara itu jumlah korban jiwa masih bertambah seiring dengan proses evakuasi dan identifikasi jenazah yang terus dikebut. Kondisi pengungsian pun dilaporkan kritis imbas bantuan logistik yang belum merata dan sangat terbatas jumlahnya.

“Listrik masih padam, komunikasi terputus, dan akses transportasi darat dan udara yang terputus di sejumlah bagian,” ujarnya.

Sementara itu, ACT Cabang Aceh terus menggalang donasi dan kerja sama dengan berbagai lembaga dan instansi untuk mengirimkan bantuan ke Palu dan Donggala.

Dalam pertemuan dengan lintas komunitas pada Selasa petang, Ketua Cabang ACT Aceh Husaini Ismail mengatakan, bantuan yang terhimpun dari Aceh diharapkan bisa membangun sebuah hunian terintegrasi yang dinamakan Kampung Aceh. Husaini mengajak seluruh masyarakat Aceh memberikan donasi untuk Palu dan Donggala sesuai dengan kemampuan masing-masing.[]