Belasan Pimpinan Dayah di Aceh Beri Dukungan untuk Jokowi-Kyai Ma’ruf Amin

ACEHTREND.COM, Banda Aceh-Belasan pimpinan dayah di Propinsi Aceh dan sejumlah tokoh masyarakat, menjumpai Kyai H. Ma’ruf Amin di Jakarta, untuk memberikan dukungan politik pada Pilpres 2019.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Aceh untuk pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden RI Nomor urut 1 Ir. H. Joko Widodo-Kyai H. Ma’ruf Amin, Teungku Irwansyah, yang merupakan mantan jurubicara Teuntra Neugara Aceh (TNA) wilayah Aceh Rayeuk, Rabu (3/10/2018.

Pertemuan itu, kata Irwansyah sudah berlangsung sejak 2 hingga 8 September 2018. Pertemuan yang ikut didampingi oleh Irwansyah tersebut, berlangsung penuh keakraban.

“Total yang hadir 23 orang dari unsur pimpinan dayah dan tokoh masyarakat, semuanya sepakat memberikan dukungan politik untuk capres dan cawaprea nomor urut 1,” terang Irwansyah kepada aceHTrend.

Dalam pertemuan tersebut para ulama menyampaikan ke depan Pemerintah harus membangun lembaga yang mengelola dayah atau pesantren di Indonesia. Sebagai contoh di Aceh sudah ada Dinas Pendidikan Dayah yang telah berdiri sejak 10 tahun yang lalu.

Ist

“Permintaan itu disampaikan oleh Ketua Koordinator ulama Aceh Tgk. Razali Mhd, S’ud, pimpinan Dayah Al Waliyah Gampong Matang Puntong, kecamatan Samudera, kabupaten Aceh Utara,” kata Irwansyah.

Kyai H. Ma’ruf Amin menyambut baik gagasan tersebut, bahkan menurut ulama kharismatik asal Jawa itu, ide itu memang sudah dibicarakan, bahwa pesantren di seluruh Indonesia haruslah diwadahi dalam lembaga resmi yang akan bertanggungjawab untuk memperkuat keberadaan dunia pendidikan Islam di Indonesia.

“Insya Allah, ke depan Indonesia harus memiliki Kementerian Pesantren, itu memang sudah menjadi program ke depan,” ujar Ma’ruf Amin, seperti diulang oleh Irwansyah.

Editor: Muhajir Juli

Foto: Ketua TKD Aceh Joko Widodo-Ma’ruf Amin, berfoto bersama Abu Keumala, Pimpinan Dayah Kamaliyah, Keumala, Pidie, di sela-sela pertemuan. (IST