Berantas Narkoba, 500 Siswa di Aceh Singkil Jalani Tes Urine



ACEHTREND.COM, Singkil– Sebanyak 500 Siswa SMA Kabupaten Aceh Singkil, Rabu (3/09/2018) bertempat di SMA Negeri 1 Gunung Meriah, Aceh Singkil menjalani tes urine.

Asmin S Pd salah seorang guru SMAN 1 Gunung Meriah kepada AceHTrend mengatakan, pengecekan urine itu dilakukan guna mengetahui apakah para siswa pernah terlibat penggunaan Narkoba.

Di samping itu, tambah Asmin juga sebagai ajang sosialisasi pencegahan, pembratasan, penyalagunaan dan peredaran gelap Narkoba (P4GN) bagi siswa se-Aceh Singkil.                    

“Kegiatan ini sebagai tindakan antisipasi dan mengetahui sejauh mana keterlibatan para siswa dengan Narkoba,” tutur Asmin S Pd.

 

Setelah pemeriksaan pihak Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Aceh akan membawa urine ke laboratorium untuk pemeriksaan. Apakah air seni 500 siswa sebagai sampel positif Narkoba  atau sebaliknya. Atau hanya beberapa orang saja.

Sementara itu, Guru SMA Muhammadiyah Hadi Fanshuri S Pd, sangat mendukung program Dinas Pendidikan Aceh bekerjasama dengan BNNP Aceh itu.


Menurutnya, tes urine dan penyuluhan Narkoba pada siswa perlu dilakukan. Mengingat banyak siswa sekarang yang mulai ikut-ikutan trend masa kini, mencoba-coba bergelut dengan Narkoba.

“Kami sangat mendukung tes urine pada siswa. Karena ini salah satu cara mengantisipasi agar siswa tidak terlibat Narkoba. Jika dari hasil tes nanti ada siswa terindikasi, perlu ditindaklanjuti oleh pihak terkait,” katanya.

Tes urine itu, diikuti semua siswa SMA se-Aceh Singkil. Masing-masing sekolah mengirim siswanya sebanyak 40-50 orang.                                                                            

Ketua Osis SMAN 1 Gunung Meriah Suwandi berharap, jika hasil tes nanti ada siswa terkena Narkoba, hendak pihak terkait atau sekolah cepat membina agar siswa tersebut tidak terjerat dengan Narkoba secara terus menerus.[]