Humas BNPB: Video Letusan Gunung Soputan Itu Hoax

ACEHTREND.COM, Jakarta – Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan bahwa video dan gambar gunung meletus yang beredar di medos dan disebut-sebut sebagai foto Gunung Soputan di Sulawesi Utara merupakan kabar bohong atau hoax.

Melalui akun twitternya @Sutopo_PN, Sutopo mengingatkan masyarakat agar tidak menyebarkan berbagai informasi bohong yang meresahkan.

“Video ini HOAX. Ini bukan lava Gunung Soputan. Gunung Soputan meletus pada 3/8/2018 pukul 08.47 WITA. Tapi tidak mengeluarkan lava keluar dari kawah. Abaikan dan delete jika menerima video ini di medsos,” tulis Sutopo siang ini, Rabu (3/10/2018).

Tak lama kemudian Sutopo kembali membuat postingan dengan mencantumkan foto yang banyak beredar di media sosial dan menyebut-nyebut sebagai foto letusan Gunung Soputan.

“Ini bukan letusan Gunung Soputan. Foto ini HOAX. Foto ini rekayasa yang pernah juga disebarkan sebagai letusan Gunung Sinabung tahun 2014. Jangan ikut menyebarkan. Buang saja karena hoax,” tulisnya.

Pantauan aceHTrend di akun twitternya, Sutopo membuat empat tweet terkait kabar ini. Terakhir tweetnya berbunyi, “Ralat, Letusan Gunung Soputan 3/10/2018. Tanda saya sudah kelelahan, Tapi harus harus segera meng-counter Hoax. Orang kok begitu teganya menyebarkan kebohongan. Apa tidak takut diakherat nanti ya?”[]

Editor : Ihan Nurdin