KOKAM: Generasi Muda Tak Boleh Lupakan Sejarah

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Pj Ketua Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Aceh Hizqil Apandi mengatakan, generasi muda Indonesia khususnya generasi Islam tak boleh melupakan sejarah. Selain membaca dari literatur, sejarah juga bisa dipelajari melalui pesan-pesan yang disampaikan melalui film secara visual.

Hal inilah yang membuat pihaknya mengadakan nonton bareng film Pengkhianatan G30S/PKI pada Minggu malam (30/09/2018) lalu di halaman kampus Universitas Muhammadiyah Banda Aceh.

“Jangan sekali-kali melupakan sejarah, ingatan kolektif kita terhadap pengkhianatan Partai Komunis Indonesia ini harus terus dipelihara,” kata Hizqil Apandi kepada aceHTren, melalui keterangan tertulis, Rabu (6/10/2018).

Sementara itu, Ikhwan Zulmi menambahkan, selaku ketua panitia nonton bareng yang dibuat Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (KOKAM) Pemuda Muhammadiyah Aceh mengatakan, melalui kegiatan ini mereka berharap kewaspadaan masyarakat khususnya generasi muda agar tidak mudah terpengaruh pada paham komunis.

“Generasi muda harus tahu sejarah kelam pengkhianatan PKI terhadap bangsa ini, agar peristiwa ini tidak terulang sehingga kewaspadaan kita terhadap bahaya komunis ini tetap harus dijaga,” katanya.

Nonton bareng itu kata Ikhwan digelar untuk menyemarakkan milad ke-53 KOKAM yang kelahirannya erat kaitannya dengan peristiwa berdarah itu.

“Sebagai kebutuhan bagi umat Islam untuk membentengi umat Islam dari bahaya PKI. Pada masa itu KOKAM dipimpin oleh Letnan Kolonel S. Prodjokusumo, seorang kepala piket di markas Hankam.”[]

Editor : Ihan Nurdin