12 Posisi di Pemerintahan Abdya Masih Dijabat Plt

Sekda Abdy, Drs. Thamrin (acehtrend/Masrian Mizani).

ACEHTREND.COM, Blangpidie – Meski bupati dan wakil bupati Abdya, Akmal Ibrahim-Muslizar MT, telah dilantik sejak 14 Agustus 2017, tetapi masih ada 10 kepala SKPK dan dua posisi lain yang berstatus sebagai pelaksana tugas atau Plt.

Sekretaris Daerah Abdya, Thamrin, saat ditemui aceHTrend di ruang kerjanya siang kemarin, Rabu (3/10/2018) membenarkan adanya sejumlah kepala dinas yang belum definitif alias masih plt.

“Benar informasi itu, dan Plt itu kurang lebih sudah enam bulan lamanya,” ujar Thamrin.

Menurutnya, proses seleksi kepala dinas sudah selesai dilaksanakan dan hasilnya juga sudah dikonsultasikan dengan pihak KSN Pusat, tetapi sampai hari ini pihak KSN belum merespons hasil seleksi tersebut.

“Namun demikian, jika 15 hari tidak ditanggapi surat dari kita, maka kita sudah bisa mengambil langkah lebih lanjut, hanya tinggal bagaimana nantinya bupati memilih yang sudah ikut seleksi itu untuk diumumkan hasilnya. Tentu nanti pihak BKPSDM melakukan konsultasi dulu dengan bupati, dan itu harus dengan segera,” jelas Sekda.

Sekda mengakui, jika kadis terus berlarut-larut dijabat oleh Plt, maka ada kelemahan-kelemahan dalam proses menjalankan roda pemerintahan.

“Kelemahan pertama itu, kita sayang kepada yang bersangkutan (para Plt) baik itu masalah tunjangan dan pangkat mereka. Kalau secara pemerintahan tetap berjalan, namun dari pengambilan kebijakan harus disetujui oleh Bupati atau Sekda,” sebut Thamrin.

Penempatan Plt dengan jumlah skala besar di hampir seluruh SKPK menurutnya bukanlah faktor kesengajaan, melainkan ketentuan prosedurnya seperti itu.

“Bukan faktor kesengajaan, namun prosedurnya memang seperti itu, sebab pertama kita melakukan pelelangan jabatan, meminta izin panitia seleksi dari BPKN setelah itu baru kita lakukan seleksi, dan hasil seleksi sudah kita sampaikan ke KSN, dan pengajuan itu sudah hampir sebulan kita usulkan,” kata Sekda.

Adapun posisi dan dinas yang kepalanya masih dijabat oleh Plt meliputi, Dinas Perpustakaan, Dinas DPMPTSP, Dinas DPMP4, Dinas Pendidikan, Dinas PU, Dinas Kesehatan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Pertanian, Dinas Kelautan, Sekretaris Dewan, dan Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan.

Tak hanya di SKPK saja yang dijabat oleh Plt, bahkan ada kepala sekolah yang juga dijabat oleh Plt.

“Benar kepala sekolah juga ada yang dijabat Plt, untuk lebih jelasnya nanti coba ditanyakan langsung ke dinas terkait,” kata Thamrin.[]

Editor : Ihan Nurdin