Baitul Mal Aceh Salurkan Bantuan untuk Palu dan Donggala

Kepala Sekretariat Baitul Mal Aceh Muhammad Iswanto (tengah) menyerahkan bantuan untuk korban gempa serta tsunami Palu dan Donggala melalui Donasi Aceh Peludi Palu yang diterima langsung Kalak Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), H T Ahmad Dadek, Kamis (04/10/2018).

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Baitul Mal Aceh menyerahkan bantuan sebesar Rp25 juta untuk korban gempa dan tsunami Palu-Donggala, Sulawesi Tengah. Bantuan tersebut diserahkan langsung melalui posko donasi Aceh untuk Palu di Kantor Badan Penanggulangan Bencana Aceh, Kamis (4/10/2018).

Kepala Sekretariat Baitul Mal Aceh, Muhammad Iswanto, mengatakan Aceh pernah merasakan kondisi seperti yang dialami warga Palu dan Donggala ketik tsunami 2004. Para korban sangat mengharapkan uluran tangan saudara mereka masyarakat seluruh Indonesia lainnya.

“Sesuai dengan janji kita, Baitul Mal Aceh akan menyerahkan bantuan untuk Palu. Dengan bantuan ini semoga dapat mengurangi beban para korban yang sedang mengalami musibah di sana,” ujar Iswanto melalui keterangan tertulis yang diterima aceHTrend.

Menurut Iswanto, duka masyarakat Palu dan Donggala merupakan duka bersama seluruh masyarakat Indonesia. Palu seakan sangat dekat dengan Aceh, secara psikologi Aceh pernah mengalami musibah yang sama dengan Palu, maka masyarakat Aceh perlu membantu baik secara moral maupun material.

“Kita doakan para sandara kita di sana agar cepat bangkit dari musibah tersebut dan Palu cepat pulih dari trauma gempa dan tsunami,” tambahnya.

Sementara itu Kepala BPBA, H T Ahmad Dadek mengatakan, hingga hari ini donasi yang telah terkumpul sebesar Rp400 juta lebih sejak dibuka pada 29 September 2018.

Selain itu kata Dadek, Aceh juga akan mengirimkan dendeng yang sampai sejauh ini baru terkumpul sebanyak 17 Kg lebih.

“Kita usahakan akan menyalurkan bantuan dari masyarakat Aceh ini secepatnya kepada para korban, jika dendeng sudah mencapai 200 kg langsung diantar ke sana ” kata Ahmad Dadek.

Terakhir katanya perwakilan Aceh juga sudah berada di Palu seperti relawan ACT dan beberapa relawan Aceh lainnya. Ia berharap bantuan tersebut terus bertambah untuk segera disalurkan kepada mereka yang sedang membutuhkan.[]

Editor : Ihan Nurdin