Bupati Aceh Tengah Puji Peran Karang Jaya Mandiri di Hadapan Tim Kemensos RI

Prosesi penyambutan tim Kementrian Sosial untuk menilai kerja Karang Taruna Jaya Mandiri Aceh Tengah (Foto: Dinsos Aceh)

ACEHTREND.COM, Takengon- Bupati Kabupaten Aceh Tengah Shabela Abubakar bersama Dinas Sosial Provinsi Aceh dan pengurus Karang Taruna Taruna Provinsi Aceh, menyambut meriah kedatangan tim penilai pilar-pilar sosial dari Kementrian Sosial (Kemensos) RI di di kabupaten setempat. Prosesi penyambutan berlangsung di Pendopo Bupati Aceh Tengah, Kamis (4/10/2018).

Bupati Shabela dalam sambutannya di hadapan tim dari Kemensos, memuji peran pilar sosial Karang Taruna Jaya Mandiri Desa Blang Bebangka, Kecamatan Pegasing Aceh Tengah yang dinilai telah menunjukkan perkembangan yang baik.

“Kalau boleh jujur dapat dikatakan sudah maju. Karena keberadaan Karang Taruna Jaya Mandiri di Aceh Tengah sudah banyak memberikan kontribusi terhadap masyarakat dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial di desa mereka masing-masing,” kata Bupati.

“Terutama sekali dalam menciptakan lapangan kerja bagi pemuda-pemuda pengangguran,” tambahnya.

Bupati Shabela berharap, Karang Taruna Jaya Mandiri yang kegiatan lapangannya dikunjungi tim dari Kementrian dapat meraih gelar sebagai Karang Taruna terbaik tingkat nasional.

“Kita berharap semoga dapat meraih gelar terbaik tingkat nasional,” katanya.

Foto: Dinsos Aceh

Sementara itu Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Aceh, Isnandar AKS., M.Si, menjelaskan bahwa peran Karang Taruna adalah perekat anak bangsa yang sekaligus sebagai pilar-pilar sosial, maka harus mampu memberikan perubahan di kalangan generasi muda dengan menciptakan berbagai inovasi-inovasi baru.

Oleh karena itu, Isnandar menekankan bahwa Dinas Sosial Aceh sangat mengaharapkan agar Karang Taruna Jaya Mandiri bisa menjadi pemantik semangat dan motivasi kepada karang taruna-karang taruna lain yang ada di Aceh.

“Carany adalag dengan memberikan prestasi sebagai karang taruna teladan urutan wahid nasional,” ujar Isnandar.

Dalam kunjungan lapangan oleh tim Kementrian Sosial, Karang Taruna Jaya Mandiri telah menunjukkan bukti-bukti kerja lapangan sesuai dengan yang telah disampaikan pada presentasi di Jakarta pada Agustus lalu.

“Harapan kita semua Karang Taruna Jaya Mandiri Aceh Tengah dapat meraih teladan urutan I nasional,” harap Isnandar.

Dari 20 nominasi nasional dari berbagai provinsi di Indonesia yang sekarang sedang dilakukan penilaian oleh tim juri bersaing ketat untuk mendapatkan nominasi urutan I.II.III teladan nasional.[]