Dinas LHK Aceh: Pengadaan Bibit MPTS untuk Penghijauan

ACEHTREND. COM, Banda Aceh – Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Aceh menjelaskan bahwa pengadaan bibit Multi Purpose Tree Species (MPTS), salah satunya di Pidie peruntukannya untuk penghijauan lingkungan.

“Jadi, Dinas LHK Aceh tidak menyediakan bibit cangkok, tempel atau sambung terlebih besertifikat karena tujuannya penghijauan lingkungan dan belum menerapkan sertifikasi atau label,” kata Ir Sahrial, Kadis LHK Aceh, Kamis (4/10) malam.

Sebelumnya, kelompok tani (Poktan) Alue Kala 1, Kecamatan Mila, Pidie menolak bibit tanaman bantuan Dinas LHK Aceh.

Penolakan tersebut disebut karena bibit tanaman bantuan itu tidak sesuai spek. Antara lain, bibit tanaman masih pendek, layu dan mati.

Petani mengetahui bibit bantuan itu saat truk pengangkut bibit bantuan terbalik di kawasan perkebunan warga.

“Kita menolak bantuan bibit karena bukan hasil dicangkok, melainkan bibit yang disemai dalam polybag,” kata Abubakar Pakeh (51) salah satu anggota poktan kepada media.

Kepada aceHTrend Sahrial menjelaskan bahwa kriteria seperti dimaksudkan oleh petani merupakan tanaman pertanian dan perkebunan yang ditujukan untuk produksi buah yang sekaligus cepat berbuah.

“Jika begitu adanya, mestinya kelompok tani mengajukan ke Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh, atau Distanbun Kabupaten setempat sehingga memenuhi persyaratan yang dimaksudkan,” tambahnya.

Sahrial membenarkan bibit yang disalurkan oleh penyedia yang berada dalam kendaraan angkutan mengalami kecelakaan, dan sebagian bibitnya rusak.

“Terhadap tanaman yang tidak sesuai spek akan kita tolak dan meminta pihak penyedia menggantinya, baru kita PHO kan,” tegasnya.

Sahrial juga berjanji akan menelusuri kembali kelompok tani sebagai penerima bibit.

“Kita akan telusuri kelompok taninya, kalau memang tidak bersedia menerima sesuai spek DLHK maka akan kita alihkan ke kelompok tani lain yang ada proposalnya di DLHK,” tutupnya. []