KEK Arun Segera Beroperasi

ACEHTREND.COM,Lhokseumawe- Dewan Kawasan KEK Aceh meminta kepada Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) Kementerian Keuangan untuk segera mengalihkan pengelolaan lahan dan aset bekas kilang Arun kepada Badan Usaha Pembangunan dan Pengelola (BUPP) KEK Arun Lhokseumawe yaitu PT. Patriot Nusantara Aceh.

Hal ini mengemuka dalam acara sosialisasi KEK Arun kepada masyarakat, di hotel Lido Graha, Lhokseumawe, Kamis (4/10/2018). Acara itu diselenggarakan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Aceh.

Sekretariat Nasional Dewan Kawasan KEK Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI Audi yang ikut didapuk sebagai pembicara, dalam paparan rencana pengembangan KEK Arun Lhokseumawe Kemenkoperekonomian RI melihat bahwa KEK Arun Lhokseumawe sudah siap beroperasi, hanya tinggal pembangunan pagar kawasan. Ditargetkan KEK Arun Lhokseumawe dapat diresmikan pada semester II-2018, bulan Desember tahun ini.

Marwadi Yusuf dari BUPP, pada kesempatan yang sama menyampaikan sudah banyak calon investor yang ingin berinvestasi di KEK. “Semoga kendala dengan LMAN segera dapat dicari solusi. Untuk itu, perlu dukungan semua pihak agar beberapa calon pelaku usaha segera berinvestasi di KEK, ujarnya.

Walikota Lhokseumawe Suadi Yahya dalam arahannya meminta perlu pengutamaan tenaga kerja lokal dalam rekrutmen tenaga kerja di perusahaan dalam KEK.

Sementara itu, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Tenaga Kerja Aceh Utara, menyampaikan untuk penyiapan tenaga kerja pihaknya terus mempersiapkan skill tenaga kerja terampil melalui Balai Latihan Kerja (BLK). “Dana Desa dapat digunakan untuk pelatihan life skill masyarakat,” katanya.

Acara ini diikuti oleh ratusan orang dari berbagai unsur. []

Editor: Muhajir Juli