Tak Ingin Seperti HRS, Polisi Tangkap Ratna Sarumpaet di Bandara

ACEHTREND.COM,Jakarta- Jajaran Polda Metro Jaya, bergerak cepat, Ratna Sarumpaet yang sudah dilarang bepergian ke luar negeri, segera ditangkap, Kamis (4/10/2018) begitu akan terbang ke Santiago, Chile, untuk mengikuti sebuah acara. Penangkapan itu bekerjasama dengan pihak Imigrasi.

Kasubdit Jatanras Polda Metro Jaya AKBP Jerry Siagian, kepada media mengatakan pasca terbongkarnya pengakuan palsu Ratna Sarumpaet yang mengaku telah dianiaya oleh sejumlah orang di Bandung beberapa waktu lalu, telah dicekal ke luar negeri oleh Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM.

Pelarangan tersebut menurut Jerry karena pengalaman lalu, ketika Habib Rizieq Syihab, lari ke luar negeri setelah tersandung sebuah kasus dengan Firza Husein.

“Kita tidak mau permasalahan seperti Habib Rizieq Syihab berulang, kabur,” ujar Jerry.

Tak Hadir Saat Dipanggil Polisi

Sebelumnya, menurut keterangan Jerry, polisi sudah melayangkan surat panggilan kepada mantan anggota Badan Pemenangan
Nasional Prabowo- Sandi, dalam kapasitasnya sebagai saksi pada kasus dugaan penyebaran berita bohong alias hoaks soal penganiayaan. Namun, Ratna tak hadir.

Meskipun demikian, kata Jerry pihaknya telah memeriksa sejumlah saksi hingga akhirnya melakukan gelar perkara Kamis sore. Menurut Jerry, dalam gelar perkara tersebut akhirnya diputuskan Ratna ditetapkan sebagai tersangka.

“Tadi sore setelah kita periksa saksi-saksi, kita tetapkan sebagai tersangka. Jadi kita sudah panggil dia sebagai saksi hari ini,” ujarnya.

Jerry mengatakan bila Ratna tak bisa hadir dan akan menghadiri kegiatan ke luar negeri, seharusnya ibu aktris Atiqah Hasiholan memberikan keterangan. Namun, kata Jerry, Ratna tak menyampaikan apapun kepada pihaknya mengenai ketidakhadiran hari ini.

“Dia tidak memberikan alasan apapun, tiba-tiba sudah ingin terbang ke Santiago, Chile,” terang Jerry.

Dibiayai Pemda DKI Jakarta

Sementara itu, keberangkatan Ratna ke Chile dibiayai oleh Pemerintah DKI Jakarta. Ratna mengajukan proposal dana kepada Anies Baswedan untuk membiayai dirinya berpartisipasi pada acara International Woman Playwright International Conference 2018 yang digelar 7-12 Oktober 2018. Dia hendak menjadi pembicara selaku penasihat senior.

Dikutip dari CNNIndonesia, Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Asiantoro membenarkan telah membiayai Ratna untuk hadir dalam sebuah seminar bertema perempuan yang dilaksanakan di Santiago, Chile itu.

“Iya (dibantu) dia kan mau lakukan seminar, diundang di sana tuh. Dia ajukan permohonan ke kami, karena layak ya tentu kami bantu,” kata Asiantoro, Kamis malam (4/10/2018).

Menurut Asiantoro, Ratna telah mengajukan proposal ke pimpinan. Pimpinan yang dia maksud adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Kata dia, karena Ratna dianggap sebagai seniman yang sudah profesional, pihak Pemprov pun kata dia langsung menyetujui permohonan itu.

Lagi pula, dalih Asiantoro semua seniman berbakat tentu akan diberi bantuan jika mengajukan permohonan. Meski begitu dalam perjalanan ini Ratna nyatanya hanya berangkat sendiri.

“Cuma satu orang (yang berangkat) dia (Ratna) saja. Tapi kami akan berikan bantuan untuk seniman-seniman yang berbakat,” kata Asiantoro berdalih.

Meski begitu Asiantoro tak mau menyebut berapa nominal dana yang digelontorkan Pemprov untuk membantu biaya perjalanan Ratna Sarumpaet.

“Kami membantu yang memang berbakat dan layak, Bu Ratna di sana jadi pembicara katanya,” katanya.

Ratna gagal terbang ke Chile, dan ditangkap pihak imigrasi Bandara karena telah dicekal dan berstatus tersangka pelanggaran UU Informasi dan Transaksi Elektronika (ITE)

Editor: Muhajir Juli

Sumber: CNN dan liputan mandiri
Foto: ist.