KIP Bireuen Gelar Rakor Pencermatan DPT

ACEHTREND.COM,Bireuen- Dalam rangka menjalankan tahapan Pemilu 2019, Komisi Independen Pemilihan (KIP) Bireuen menggelar rapat koordinasi dan pencermatan bersama daftar pemilih tetap hasil perbaikan 1. Kegiatan ini digelar di Media Center lembaga tersebut, Sabtu (6/10/2018).

Ketua KIP Bireuen Agusni Dalam keterangan persnya menyebutkan, kegiatan itu digelar dalam rangka melindungi hak pilih (GMHP) pada pemilihan umum 2019.

Sementara itu, Komisioner Divisi Data Muzammil mengatakan, saat ini masih ada kesempatan mendata atau mencermati DPT sampai 28 Oktober 2019. Pihaknya, kata dia, mengedepankan prinsip keterbukaan sehingga penyempurnaan DPTHP-1 berjalan dengan sempurna dan maksimal.

“Nanti PPK dan PPS bersama sama melakukan proses vaktual terhadap data ganda dan data invalid dengan mendatangi pemilih secara langsung dan meminta pemilih menunjukan dokumen kependudukan seperti KTP-elektronik/kartu keluarga atau surat keterangan, sebagai bahan perbaikan terhadap data ganda maupun invalid,” jelas Muzammil.

Tambah Muzammil, hasil pencermatan vaktual yang dilakukan itu kemudian kembali dilaporkan kepada KIP Bireuen. Bagi masyarakat yang belum terdata dalam DPTHP juga diharapkan dapat melapor kepada PPS dengan membawa KTP atau suket. Waktunya hingga 28 Oktober mendatang.

“Kami juga berharap kepada partai politik peserta pemilu dan calon anggota legislatif agar bersama-sama mencermati dan ikut berperan aktif dalam rangka perbaikan dan percermatan DPTHP,” harapnya.

Hadir dalam rapat koordinasi bersama ini, Panwaslih dan Disdukcapil Bireuen beserta PPK dan Panwascam di 17 Kecamatan dalam ruang lingkup Kabupaten Bireuen.

Editor: Muhajir Juli