KIP Banda Aceh Deklarasikan Kampanye Damai Pemilu 2019

Hendra Keumala/aceHTrend

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Banda Aceh menggelar deklarasi kampanye damai pemilu 2019 di pelataran parkir Stadion Dimurthala, Lampineung, Banda Aceh (07/09/2018).

Kegiatan ini mengusung tema Deklarasi Indonesia Menolak Politisasi SARA dan Politik Uang.

Ketua KIP kota Banda Aceh, Indra Milwady, dalam sambutannya menyampaikan kegiatan ini diselenggarakan agar terciptanya pemilu secara jujur dan adil, damai, serta bermartabat.

Karena kata dia, kegiatan kampanye ini akan melibatkan banyak perserta pemilu yaitu ada dua pasangan calon presiden dan 19 partai politik yang mengajukan 140 calon legislatif dan ada 26 calon DPD. Hal ini tentu ini akan banyak sekali melibatkan tim kampanyenya di lapangan secara serentak.

“Kami berharap dengan diselenggarakan kegiatan ini peserta pemilu dapat melaksanakan pemilu sesuai aturan aturan regulasi yang telah ditetapkan,” kata Indra.

Indra juga menyampaika bagi peserta pemilu agar mengikuti dan melaporkan semua kegiatan sesuai aturan sehingga semua dapat dikoordinasikan agar jangan terjadi benturan-benturan pada saat melakukan kampanye di lapangan.

Sementara Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman menyampaikan kegiatan seperti ini sangat penting dilakukan. Namun deklarasi pemilu damai tidak hanya di panggung saja tapi juga sampai dalam pemilu dan sesudah pemilu.

Aminullah juga mengingatkan independensi dari penyelenggara pemilu juga sangat penting yang dapat memengaruhi hasil pemilu yang berkualitas sehingga dapat menghasilkan pemimpin dalam masyarakat.

“Karena pemilu yang demokratis bukan menghasilkan pemenang tapi diharapkan dapat menghasilkan pemimpin bagi masyarakat,” kata Aminullah Uslam dalam sambutanya.

Hadir dalam acara tersebut Ketua DPRK Banda Aceh, Arif Fadillah, unsur Forkopimda, Bawaslu, perwakilan partai politik peserta pemilu dan tokoh masyarakat.[]

Editor : Ihan Nurdin