RDPU Raqan Otsus, Abusyik Bilang Tanpa Duit Juga Tidak Mati

ACEHTREND. COM, Banda Aceh – Bupati Pidie, Roni Ahmad atau yang disapa Abusyik mengatakan jikapun Aceh tidak ada duit belum tentu juga mati.

Menurutnya Aceh tidak miskin harta, melainkan miskin moral. Untuk itu dia berharap alokasi Tambahan Dana Bagi Hasil (TDBH) Minyak Dan Gas Bumi (MIGAS) dan Dana Otonomi Khusus (OTSUS) Aceh mestilah untuk pembangunan SDM Aceh.

“Ekonomi itu hanya dukungan, tanpa duit kita juga tidak mati, soal miskin, kita tidak miskin harta, hanya saja kita miskin moral dan akhlak, maka yang paling penting didorong adalah pembangunan SDM Aceh,” kata Roni Ahmad, Selasa (9/10) di Pertemuan RDPU yang berlangsung di DPRA.

Bagi Abusyik tidak menjadi soal porsi persen provinsi dan kabupaten/kota. Baginya, kalau mau dikelola oleh provinsi semua juga tidak masalah. 

“Yang perlu adalah kejelasan untuk pembanguan Aceh, infrastruktur kita bek cilet-cilet,” tegasnya.

Bertempat di DPRA, kepala daerah dan kalangan legislatif dari Kabupaten/Kota menghadiri undangan RDPU yang digelar oleh Tim Monitoring dan Evaluasi (MONEV) Tambahan Dana Bagi Hasil (TDBH) Minyak Dan Gas Bumi (MIGAS) Dan Penggunaan Dana Otonomi Khusus (OTSUS) Aceh DPRA.

RDPU ini kembali digelar untuk membahas kembali Rancangan Qanun Aceh Tentang Perubahan Ketiga Atas Qanun Aceh Nomor 2 Tahun 2008 Tentang Tatacara Pengalokasian Tambahan Dana Bagi Hasil Minyak Dan Gas Bumi Dan Penggunaan Dana Otonomi Khusus.

DPRA kembali merivisi Qanun Nomor 2 tahun 2008 tentang Tatacara Pengalokasian Tambahan Dana Migas dan Penggunaan Dana Otsus karena adanya penolakan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) terkait kebijakan Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf, yang melimpahkan kewenangan pelaksanaan proyek otsus jatah kabupaten/kota kepada masing-masing daerah. []

Editor: Risman Rachman

KOMENTAR FACEBOOK