BPJS dan Depnaker Bireuen Perpanjang Kerja Sama

ACEHTREND.COM, Lhokseumawe – Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Perindustrian (Depnaker) Kabupaten Bireuen kembali memperpanjang kerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Lhokseumawe.

Penandatanganan kerja sama tersebut disaksikan peserta Forum Koordinasi Pengawasan dan Pemeriksaan Kepatuhan Tingkat Kabupaten Bireuen yang berlangsung di Aula Kejaksaan Negeri Bireuen, Rabu (10/10/2018).

Pengawas Dinasker Bireuen, Faisal, mengungkapkan pihaknya dan BPJS Kesehatan harus intens melakukan koordinasi, sehingga nantinya tidak tidak ada hak jaminan sosial kesehatan pekerja yang tidak terpenuhi.

“Kita harus lebih sering koordinasi dan turun ke lapangan secara bersama-sama untuk memastikan pekerja terpenuhi haknya,” harap Faisal.

Faisal menegaskan kembali komitmen dinas yang berfungsi mengawasi segmen ketenagakerjaan itu dalam mendukung segala upaya BPJS Kesehatan menyelenggarakan program jaminan sosial kesehatan.

Menurutnya, itu sangat penting lantaran berhubungan langsung dengan pemenuhan hak pekerja atas perlindungan jaminan sosial kesehatan oleh pemberi kerja.

Faisal menambahkan, secara legal diatur bahwa para pemberi kerja diwajibkan untuk mendaftarkan seluruh pekerjanya pada program JKN pada segmen Pekerja Penerima Upah, bukan segmen Penerima Bantuan Iuran-Pemda Aceh (Jaminan Kesehatan Aceh).

“(ini) Sebagaimana termaktub dalam dicatum kelima Instruksi Gubernur Aceh No. 4 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Program Jaminan Sosial Kesehatan Bagi para Pelaku Usaha di Aceh,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kejari Bireuen, Mochamad Jeffry, S.H., M. Hum melalui Kasi Perdata dan Tata Usaha Negara, R. Bayu, meminta semua pihak harus turut serta aktif mengawasi kepatuhan pendaftaran, penyampaian data dan kepatuhan pembayaran iuran peserta JKN khususnya peserta Badan Usaha.

“Selain itu, kita harus terus bekerja sama dan berkoordinasi untuk mengawasi pelaksanaan program ini berjalan dengan lancar,” ujarnya.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK