Perkuat Ekonomi Pesisir Pemerintah Aceh Jalin Kerjasama dengan URI, Amerika Serikat

ACEHTREND. COM. Banda Aceh – Pemerintah Aceh bersama dengan Unsyiah dan UIN Ar Raniry melakukan penandatangan MoU Bersama dengan University of Rhode Island (URI), Amerika Serikat.

Bertempat di Aula Rumah Dinas Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, atasnama Pemerintah Aceh membubuhkan tantangannya di MoU Bersama, Rabu (10/9) pagi.

“Kerjasama ini mencakup pendidikan dibidang kelautan, perikanan dan perikanan yang diharapkan berdampak memperkuat ekonomi pesisir, ” kata Juru Bicara Pemerintah Aceh, Wiratmadinata, Kamis (11/10) sore.

Mewakili URI, hadir Dr. John Kirby, Dekan Lingkungan dan Ilmu Hayat (Kelautan, Perikanan, Pertanian, dll) dan Deborah Sheely, Senior Spesialis Penyuluhan Perikanan & Pertanian.

Keduanya didampingi Brook Williams Ross, MA, MBA, Direktur, Business & Education Partnerships Asia dan University Partnerships Manager, Diana Devi Nurdin AR.

MoU Bersama dibidang kelautan dan perikanan ini mencakup Program Pelatihan di Kampus URI bagi Guru SMK Aceh Bidang Keahlian Multimedia Technical Skills Upgrading Program (TSUP) yang akan jalan Bulan December 2018 dengan BPSDM Aceh dan Dinas Pendidikan Aceh.

Disamping itu juga untuk mendukung Program Perikanan yang Berkesinambungan dan Pengembangan Ekonomi Pesisir Aceh khususnya pelatihan dan penyuluhan oleh URI untuk Aceh dan program pasca sarjana di URI sesuai dengan bidang yang dibutuhkan Dinas Perikanan Aceh.

Kerjasama dengan URI sudah dirintis sejak 2015. Pihak URI sudah pernah mendukung dalam hal pelatihan untuk Dinas Pendidikan Aceh, khususnya pengembangan kapasitas guru-guru SMK.

“Pendidikan untuk guru-guru SMK ini masih terus dilanjutkan, ” tambah Wira.

Dukungan lain yang sudah pernah terjalin adalah mengirimkan profesor URI untuk Dinas Perikanan, UTU, Unimal, dan Unsyiah untuk seminar dan lokakarya dalam program perikanan yang berkelanjutan dan pengembangan ekonomi pesisir Aceh.

University of Rhode Island (URI) adalah Universitas dari Amerika, dan telah bekerjasama dengan Indonesia lebih dari 45 tahun untuk membantu program perikanan, kelautan, lingkungan, dan pembangunan pesisir.

Sejak tahun 1972, University of Rhode Island telah bekerjasama dalam kemitraan dengan BAPPENAS, KKP, LIPI dan Kementrian Pertanian, serta banyak universitas termasuk Unsyiah, UIN Ar-Raniry, IPB, UGM, ITB, USU, Cenderawasih, Pemerintah Propinsi Papua, Pemerintah Propinsi Maluku, dan Pemerintah Aceh.