35 Gampong di Aceh Barat Bakal Jadi Pilot Project “Kampung Muslimin”

Sudirman Z/aceHTrend

ACEHTREND.CO, Meulaboh – Pemerintah Kabupaten Aceh Barat menggelar seminar “Kampung Keluarga Muslimin” sebagai upaya realisasi visi misi Bupati Aceh Barat, Ramli MS, dalam menegakkan syariat Islam. Seminar itu berlangsung di Aula Bappeda Aceh Barat, Kamis (11/10/2018).

Ketua Panitia Ena Herisna, menyebutkan program Kampung Keluarga Muslimin dimulai dari 35 gampong sebagai percontohan. Bila dinilai berhasil program ini nantinya diberlakukan di seluruh gampong demi mendorong penerapan syariat Islam.

“Kampung Keluarga Muslimin ini merupakan implementasi visi dan misi Bupati. Yang menjadi pilot project 35 gampong dalam Kabupaten Aceh Barat,” kata Ena Herisna.

Sebagai narasumber menghadirkan mantan kepala Dinas Syariat Islam Aceh, Prof. Syahrizal Abbas, mantan Wali Kota Banda Aceh Illiza Sa’aduddin Djamal, dan anggota DPR Aceh Dr. Mariati MR.

Ramli MS menyampaikan, seminar ini diisi oleh narasumber yang kompeten. Harapannya para narasumber tersebut dapat memberikan masukan sehingga mencapai sasaran Kampung Muslimin yang dicita-citakan.

“Bagi saya kegiatan ini merupakan salah satu langkah untuk mendukung tegaknya syariat Islam di Aceh Barat,” kata Ramli.

Yang menjadi konsentrasi dalam kegiatan Kampung Muslimin kata Ramli, yaitu pembinaan agama, misalnya generasi berumur 12 tahun harus bisa salat jenazah, hafiz Quran, bagi wanita berhijab secara benar, dan kebiasaan magrib mengaji di setiap rumah.

“Selain bidang keagamaan, dalam program ini juga kita masukkan pemahaman tentang wawasan kebangsaan dan undang-undang Negara Kesatuan Republik Indonesia,” katanya.

Selain itu, Kampung Muslimin juga termasuk pembinaan bidang kesehatan, kepemudaan, bidang ekonom, serta sosialisasi bahaya narkoba.

“Kita harapkan dukungan dari semua pihak supaya “Kampung Muslimin” bisa kita terapkan dan bermanfaat bagi rakyat Aceh Barat,” ungkapnya.[]