Pemkab Abdya Bantu Korban Gempa dan Tsunami Sulteng Rp 118.806.780

Pemkab Abdya diwakili oleh Kepala Baitul, Wahyudi Satria, menyerahkan bantuan untuk korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tenggara yang diterima Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah didampingi Kepala BPBA, HT Ahmad Dadek, Kadis Sosial Aceh, Drs Alhudri MM (Foto: Ist)

ACEHTREND.COM, Blangpidie -Pemerintah kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) yang diwakili oleh Kepala Baitul setempat, Wahyudi Satria, menyerahkan bantuan untuk korban gempa dan tsunami di Palu dan Donggala Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng).

Bantuan itu diserahkan melalui Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) sebesar Rp 118.806.780, yang diterima langsung oleh Plt Gubernur Aceh, Ir. Nova Iriansyah di pendopo Wakil Gubernur Aceh. Dalam penyerahan itu, Nova didampingi langsung oleh kepala BPBA, H.T. Ahmad Dadek, SH dan Kadis Sosial Aceh Drs Alhudri, MM.

Wahyudi menjelaskan, sumbangan yang diaerahkan itu terhimpun dari pegawai SKPK di lingkungan Pemkab Abdya serta seluruh elemen masyarakat Abdya yang dihimpun melalui aksi galang Abdya Peduli Palu dan Donggala (APEL) yang dikoordinir oleh Yasri Gusman.

“APEL itu adalah lembaga yang mengkoordinir kegiatan kepedulian sosial dan bencana yang terdiri dari berbagai OKP, ormas dan komunitas-komunitas di Abdya yang dibina langsung oleh Wabup Muslizar,” ungkap Wahyudi lewat rilis yang diterima aceHTrend, Jum’at (12/10/2018).

Dalam penyerahan bantuan tersebut, kata Wahyudi, Plt Gubernur Aceh memberikan apresiasi kepada Kabupaten Abdya sebagai kabupaten pertama di Aceh yang menyalurkan bantuan melalui program Donasi Aceh untuk Palu yang dikoordinir oleh BPBA dan Dinsos Aceh.

“Semoga langkah yang diambil oleh Pemkab dan masyarakat Abdya ini menjadi motivasi bagi kabupaten lainnya. Pemerintah Aceh menargetkan Penggalangan Dana sebesar 2 miliar yang Insya Allah akan dibangun masjid di Palu. Adapun jumlah bantuan yang telah terkumpul hingga saat ini hampir mencapai 1 miliar,” ujar Wahyudi meniru penyampaian Nova Iriansyah.

Selain itu, kata Wahyudi, dalam waktu dekat ini Pemerintah Aceh juga akan mengirim tim ke Palu untuk melakukan asesmen.

“Dan kita juga berterima kasih kepada masyarakat Abdya yang sudah mendonasikan hartanya untuk korban gempa dan tsunami di Sulteng. Semoga kelak Allah membalasnya,” ujar Wahyudi.[]

Editor : Irwan Saputra