100 Rumah di Abdya Direndam Banjir

ACEHTREND.COM, Blangpidie – 100 unit rumah warga yang berada di empat Gampong dalam Kecamatan Tangan-Tangan, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Jum’at (12/10/2018) direndam banjir.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Abdya Amiruddin mengatakan, 100 unit rumah warga yang terendam itu berada di Gampong Bineh krueng, Drien Jalo, Gampong Masjid dan Padang Kawa.

Dari empat gampong tersebut, Gampong Masjid yang terparah, karena air diperkirakan lebih dari satu meter naik ke rumah warga.

“Tadi ada beberapa keluarga yang mengungsi ke rumah famili mereka. Tapi tidak lama kemudian pulang lagi. Mudah-mudahan curah hujan tinggi cepat berhenti supaya banjir cepat surut,” ungkapnya

Amir menjelaskan, banjir yang melanda permukiman warga itu disebabkan tingginya curah hujan yang menguyur Abdya sejak pukul 14.00 WIB siang, hingga pukul 20.00 WIB Jum’at malam.

“Ditambah lagi krueng Tangan-Tangan sudah dangkal, sehingga air naik ke permukaan lalu masuk ke rumah-rumah warga,” jelasnya

Hingga kini, dia mengaku belum bisa memastikan jumlah kerugian yang dialami oleh warga akibat banjir tersebut. Karena, katanya, hujan disertai banjir hingga sekarang masih berlangsung di Kabupaten Abdya.

“Belum bisa kita pastikan kerugiannya, sebab hujan masih berlangsung. Tapi kalau ternak milik warga, seperti ayam dan bebek, itu sudah pasti banyak terbawa air,” ujarnya.

Selain merendam rumah warga, banjir juga mengenangi badan jalan nasional di Gampong Alue Mangota, Blangpidie. Di badan jalan, air diperkirakan mencapai setinggi paha orang dewasa.

“Arus transportasi lancar, semua jenis kendaraan baik roda dua dan roda empat masih bisa lewat,” pungkas Amir.[]