Prestasi Aceh di MTQN, Masa Sby dan Jokowi

ACEHTREND. COM, Banda Aceh – Posisi Aceh pada MTQ Nasional ke-27 di Medan, Sumatera Utara berada di rangking 7. Sebelumnya, posisi Aceh berada di rangking 8 pada MTQ Nasional ke-26 di Nusa Tenggara Barat.

Pada MTQN yang berakhir Jumat (12/10) sebanyak sepuluh peserta dari Aceh meraih juara baik juara I, II, maupun III. Juara I, masing-masing cabang syarhil Quran putri yang terdiri atas Intan Novia ZK, Izzatul Muna, dan Mildawati serta M Ikram Abdul Aziz untuk tafsir bahasa Arab putra.

Juara II masing-masing diraih Sahula Ruzni (cabang qiraah sab’ah remaja putri), Najwatul Ulfa (cabang tartil putri), Masnaria Dewi Rahmah (cabang tafsir bahasa Inggris putri), dan Arsy Yallah (cabang tahfiz Quran 5 juz).

Selanjutnya, peserta yang meraih juara III adalah Ahmad Muzayyinul Asyir (cabang qiraah sab’ah remaja putra) dan Syech Marzawi (cabang khattil Quran golongan hiasan mushaf putra).

15 peserta lainnya dari Aceh meraih juara harapan, yakni Ammar Fathani (tilawah anak-anak putra), Muhammad Hafiz, Arif Maulana, dan Khalil Qusyairi (cabang fahmil Quran putra), serta Rahmawati (cabang khattil Quran mushaf putri) yang meraih juara harapan I.

Kemudian, Romi Saputra (cabang qiraah murattal dewasa putra), Nonong Sasmita (cabang qiraah murattal dewasa putri), Muhammad Rajul Fuzary (hafiz 10 juz putra), dan Muhammad Rizki Ananda (hafiz 20 juz putra), Akbar Miswari, M Khamal Kharazi, dan M Haikal (syarhil Quran putra) yang meraih juara harapan II.

Terakhir, Mauliza Juliantika (hafiz 30 juz putri), Khairullah (cabang khattil dekorasi putra), dan Aslim (cabang tafsir bahasa Inggris putra) meraih juara harapan III.

Dengan prestasi dua orang juara I, empat juara II, dan dua orang juara III maka kafilah Aceh menduduki peringkat ketujuh pada MTQN tahun ini. Artinya, naik satu peringkat dibanding prestasi yang diraih pada MTQN Ke-26 di NTB dua tahun lalu.

“Selain itu, peserta dari Aceh yang meraih kejuaraaan kali ini jumlahnya lebih banyak,” kata Sekretaris Kafilah MTQN Provinsi Aceh, Drs Tgk Ridwan Johan yang didampingi Ustaz Mardhatillah selaku koordinator pelatih.

Sebelumnya lagi, pada MTQ Nasional ke-25 di Batam, tahun 2014 posisi Aceh ada pada rangking ke-9. Pada tahun 2012, prestasi Aceh di MTQN ke-24 berada di peringkat ke-11. Peringkat Aceh ini lebih rendah dibanding pada MTQN ke-23 di Bengkulu, 2010 dimana Aceh meraih posisi ke-9.

Dengan begitu, prestasi Aceh dari terus memperlihatkan perbaikan dari waktu ke waktu. []