Nurzahri: Komisi II DPR Aceh juga Menolak PT EMM

Anggota Komisi II DPR Aceh Nurzahri menemui para mahasiswa di halaman DPRA, Senin, 15 Oktober 2018. @aceHTrend/Taufan Mustafa

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Anggota Komisi II DPR Aceh Bidang Ekonomi, SDA, dan Lingkungan Hidup, Nurzahri mengatakan, pihaknya telah melakukan rapat dengan memanggil pihak-pihak terkait untuk mengevaluasi keberadaan PT. Emas Mineral Murni (EMM) di Nagan Raya.

Hal itu disampaikan Nurzahri di hadapan mahasiswa yang melakukan aksi unjuk rasa menuntut agar PT EMM dicabut di DPR Aceh, Senin (15/10/2018).

“Perlu diketahui semua yang perlu kami lakukan sudah sejak awal kami lakukan. Bukan hanya rapat saja, keputusan DPRA baru tahap komisi, Komisi II menolak kehadiran PT EMM di Aceh,” ujar Nurzahri.

Komisi II kata Nurzahri juga mendesak Plt Gubernur untuk melakukan segala upaya agar operasional PT EMM di Aceh bisa berhenti.

“DPR juga akan melakukan perlawanan terhadap siapa pun dan organisasi apa pun yang membela PT EMM di Aceh,” ujarnya.

Di hadapan para mahasiswa Nurzahri mengatakan pihaknya akan membawa persoalan ini dalam rapat paripurna agar secara resmi menjadi keputusan negara. Sehingga nantinya siapa pun yang melawan hal tersebut akan berhadapan dengan negara.

Saat paripurna berlangsung nanti, DPRA akan memanggil semua pihak untuk menyaksikan keputusan terkait keberadaan PT EMM di Aceh. Nurzahri juga meminta agar mahasiswa mengawal kasus tersebut di DPRA.

Sebelumnya diberitakan, puluhan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Banda Aceh melakukan unjuk rasa di DPR Aceh. Mereka meminta agar izin operasional PT EMM seluas 10.000 hektare di Nagan Raya segera dicabut karena merusak lingkungan.[]

Editor : Ihan Nurdin