Petani di Abdya Terima Bantuan dari Pemerintah Pusat

Bupati Abdya, Akmal Ibrahim menyerahkan alsintan kepada kelompok tani di Abdya. (aceHTrend/Masrian Mizani)

ACEHTREND.COM, Blangpidie – Sejumlah kelompok tani di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menerima bantuan alat mesin pertanian (alsintan) yang diserahkan langsung oleh Bupati Abdya, Akmal Ibrahim. Penyerahan itu ia lakukan dalam kegiatan panen padi raya hasil penangkaran Dinas Pertanian Abdya di lokasi persawahan Gampong Pawoh, Kecamatan Susoh, Senin (15/10/2018).

Bantuan alsintan itu merupakan bantuan Pemerintah Pusat yang bersumber dari APBN. Dalam penyerahan 140 alsintan itu, Bupati Akmal didampingi oleh Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) provinsi Aceh, A. Hanan, Wakil bupati Abdya Muslizar. MT, Dandim 0110 Abdya Letkol ARM Iwan Aprianto, SIP dan Plt Kadis Pertanian dan Pangan Abdya, Nasruddin.

“Ini bentuk respons pemerintah daerah terhadap keluhan yang dialami petani saat masa panen raya, mereka banyak kesulitan mencari tenaga kerja,” ujar Bupati Abdya Akmal Ibrahim.

Akmal menyadari, demi tercapainya masa tanam tiga kali setahun dan target pemerintah Abdya sebagai lumbung bibit padi Sumatera, maka ia harus bekerja ekstra agar tujuan tersebut tercapai.

Sehingga, katanya, dengan diserahkannya 40 unit hand traktor dan 100 unit hand prayer kepada kelompok-kelompok tani, diharapkan bisa memudahkan petani dalam bercocok tanam.

“Peralatan bantuan itu jangan dialih tangankan dan tidak dikuasai oleh ketua kelompok saja, apabila hilang, maka menjadi tanggung jawab kelompok tani,” tegas Akmal.

Sementara itu, ketua kelompok tani Malemdiwa, Muklis mengatakan, atas nama seluruh kelompok tani yang ada di kecamatan Jeumpa, dirinya mengucapkan terima kasih atas bantuan hand traktor yang diberikan kepada kelompoknya.

“Bantuan hand traktor kepada kelompok tani Malemdiwa dan kelompok tani lainnya di Abdya merupakan wujud kepedulian pemerintah kepada petani,” katanya.

Maka oleh sebab itu, kata Muklis, bantuan alat pendukung pertanian yang diberikan pemerintah pusat itu akan dijaga dan dirawat dengan baik untuk keperluan kelompok dan juga masyarakat daerah setempat.

“Kita yakin upaya Pemerintah untuk melakukan perubahan jadwal tanam setiap tahunnya bisa terwujud, apalagi alat pendukung sudah sangat lengkap dan memadai,” sebut Mukhlis.

KOMENTAR FACEBOOK