Pengelola Perpustakaan Sekolah Se-Aceh Dibekali Pelatihan Perpustakaan

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Sebanyak 40 pengelola pustaka tingkat SMA/SMK se-Aceh mendapat pembekalan mengenai aplikasi INLISLite/Operating System Library selama tiga hari di Arabia Hotel Banda Aceh pada 16-18 Oktober 2018.

Pelatihan ini untuk meningkatkan pemanfaatkan teknologi informasi dalam mengoptimalkan pelayanan perpustakaan di sekolah-sekolah. Pelatihan yang diprakarsai Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh itu menghadirkan para narasumber dan instruktur dari Perpusnas RI Didik Pribadi, dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh, yaitu Hendra Julian dan Munawar Fajri, serta dari Aceh Library Consultant, yaitu Arkin dan Zulfiqri.

Kasie Otomasi Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh, Tengku Nurul Kemala Hayati, mengatakan bahwa selama tiga hari sejumlah peserta dibekali berbagai keterampilan teknis terkait implementasi aplikasi INLISLite mulai dari instalasi hingga praktik pengoperasian aplikasi perpustakaan berbasis INLISLite.

“Pelatihan ini diikuti sebanyak 40 orang peserta yang dibagi dalam 2 kelas. Ada sekitar 6 peserta dari berbagai kabupaten/kota di Aceh yang tidak berhadir dari jumlah keseluruhan sebanyak 46 orang,” kata Nurul.

Selain itu, kata Nurul output yang diharapkan melalui pelatihan ini seluruh peserta mampu menerapkan ilmu yang sudah didapatkan selama pelatihan mulai dari instalasi hingga pengoperasian sisytem otomasi perpustakaan dengan menggunakan software Inlislite.

“Setelah pelatihan ini, ke depan kita akan terus melakukan pendampingan dan juga menyurvei untuk menilai dan menindaklanjuti dengan cara melakukan monitoring secara berkala untuk dibina, sehingga semua peserta mampu menginstalasi dan mengoprasikan aplikasi Inlislite dari Perpusna RI,” katanya.

Sementara itu, Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Aceh, Dr. Wildan, melalui Kabid Layanan Perpustakaan, Didi Setiadi, dalam sambutannya mengatakan, pelatihan ini sebagai langkah awal untuk menerapkan teknologi informasi di sekolah khususnya perpustakaan. Sehingga mampu memberikan pelayanan prima kepada peserta didik dan tenaga kependidikan di sekolah.[]

Editor : Ihan Nurdin