Dispora Akan Hadir Lagi di Bireuen

ACEHTREND.COM,Bireuen- Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) akan kembali dibentuk di Kabupaten Bireuen. Secara aturan, perubahan Qanun Nomor 3 Tahun 2016 Tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah (SOTK) sudah bisa dilakukan, karena sudah berumur 2 tahun pada 14 November 2018.

Hal ini dikatakan oleh Ketua DPRK Bireuen Ridhwan Muhammad, menjawab aceHTrend, Senin (29/10/2018) seusai upacara peringatan HUT Sumpah Pemuda ke-90, di Kantor Bupati Bireuen.

Dia melanjutkan, hasil konsultasi pihaknya dengan Biro Organisasi Pemerintah Aceh beberapa waktu lalu, bahwa tidak ada halangan apapun tentang perubahan Qanun SOTK Kabupaten Bireuen, karena sudah mencapai limit minimal pada 14 November tahun 2018.

“Batas minimal dua tahun untuk bisa melakukan perubahan qanun, sudah tercapai. Tidak ada halangan untuk diubah dan kemudian ditambah Dispora,” ujar Ridhwan Muhammad.

Akan tetapi, lahir atau tidaknya Dispira Bireuen, tidaklah diputuskan olehnya seorang. Parlemen adalah lembaga yang menganut sistem kolektif dan kolegial. Keputusan ada di rapat paripurna.

Ia menepis isu bahwa DPRK adalah salah satu pihak yang mempersulit lahirnya Dispora. Menurut Ridhwan, selama sesuai dengan aturan, DPR akan tetap memberikan dukungan. “Parlemen adalah mitra pemerintah. Kita di sini bicara aturan. Tidak ada yang menghalangi,” katanya sembari tersenyum.

Sebelumnya, Wakil Bupati Bireuen H. Muzakkar A. Gani, Minggu (28/10/2018) kepada aceHTrend menyebutkan bahwa kehadiran Dispora merupakan sesuatu yang penting. Sebab pembinaan kepemudaan dan olahraga dini tidak bisa disatukan dengan pendidikan umum.

Ia mencontohkan keberadaan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Bireuen, yang bila tanpa Dispora, akan sulit dicarikan cantolan untuk ditempatkan anggaran.

“Saat ini kondisi KNPI Bireuen lage seunujoh ureung gasin, tidak semarak dan minim partisipasi. Ke depan ini tidak boleh terulang, KNPI harus gagah, dan harus punya anggaran yang mencukupi. Untuk itu bantu upaya pemerintah mengembalikan Dispora,” imbuhnya.

KOMENTAR FACEBOOK